Akibat custom domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id

Akibat custom domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id

Akibat custom domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id-Selamat datang di sudutpandang.net semoga teman-teman semua dalam keadaan sehat walafiat, amin. Sebelumnya ane mau cerita sedikit ni mengenai pelangalaman yang menegangkan. Baik langsung saja  ane cerita ya. 

Tepatnya pada tanggal 3 September 2015 ane  sedang bekerja disebuah bengkel. Kala itu bengkel sedang terlihat ramai maka dengan semangatnya service pelangganpun selesai dengan cepat. Setelah selesai dibersihkanlah lantai habis ganti oli, maklumlah so rajin haha. 

Next...

Ane lihat komputer kantor nganggur ya, lumayan sepi ni ceritanya. Menggunakan kesempatan dalam kesempatan hihi. Tak apalah menyelam sambil minum air. 

Dalam kesempatan itu ane sempatkan untuk membuka blog ane yang berisi iklan Adsense. Maklum pemula yang berharap sukses di Adsense. Berulang kali ane buka tuh blog ane yang sangat bagus sekali mengenai otomotif hehe, sorry bro bercanda,blog ane itu sederhana.

Apalagi bersamaan dengan dibukanya blog ane ada teman-teman yang melihat, tambah pede saja karena ane bangga telah mempunyai blog sendiri. Ditambah dengan adanya sponsor dari si mbah google hahaha. Wah pede abis dan pamer banget tentunya kwkwkw

Tapi...

Tapi setelah beberapa kali blog ane terbuka sambil menjelaskan isi artikel kepada teman-teman ane. Ketika ane menjelaskan iklan yang muncul diblog ane dengan kata seperti ini " ini contoh iklan diblog ane, blog ane itu udah ada sponsornya,lihat ya ane reload). Ketika direload celaka 12 ane gan, malu setengah mampus. 

Kenapa...?

Karena blog ane tidak muncul iklannya, ane otak atik sedemikian rupareload beberapa kali tetao saja iklan tidak muncul. Teman ane tertawa, ane malu dan takut kalau akun adsense ane kena banned.

gak karuanlah pokoknya, ketikan url menuju adsense pun dilakukan dengan cepat kilat. 

Setelah itu ane berhasil login di akun Adsense ane yang sangat ane banggakan. Dengan terkejut, tak ada satu pemberitahuan sama sekali. Diceklah pelanggaran, takutnya ada yang iseng atau bagaimana sehingga akun bermasalah.

Sambil menyetting akun adsense ane reload terus blog ane tapi tidak muncul-muncul. Wah akhirnya dengan semakin bingungnya pikiran ane. 

Masuk iklan saya-dan tambah iklan, ane membuat iklan baru dan ditempel di blog ane dengan menghapus iklan yang baru berharap iklan muncul. Namun apa, usaha sia-sia.

Ane kecewa....

Pusing sekali kepala ini....

Dengan penuh harapan ane mencari permasalah ini ke Google, namun tidak mnemukan solusinya waktu itu, mungkin memang semua baru terjadi si.

Kejadian iklan adsense tidak muncul tepat pukul 04.17 di jam bengkel ane. 

Setelah cukup lama berusaha namun tidak nemu juga solusinya, Kemudian ane tanya keteman ane yang juga blogger namun juga belum paham. 

Terus mencari dan mencari jawabnya. Hingga ane mengirim pertanyaan di group Facebook dan mendapt respon positif. ane dikasih scrip yang fungsinya untuk memunculkan adsense. namun ane masih saja bingung kenapa harus dikasih tambahan scrip, sedangkan kemarin-kemarin tidak. 

Ane bertanya karena anak Facebook tidak menerangkan hal itu. 

Kemudian ane simpan tu scripnya untuk jaga-jaga, namun tidak ane pasang dulu, takut akunnya kenapa-napa. Maklum masalah tidak munculknya iklan saja belum paham apalagi harus menambahkan scrip asing. 

Waktu berlalu sehari, ane dikasih tahu sama teman ane yang sebelumnya tidak paham. Katanya dia telah masuk keberbagai forum dan katanya sedang ada pengalihan domain .com ke .co.id. Oleh sebab itu iklan yang ane pasang di blogspot.com itu tidak muncul.

Dan untuk menambah jelas hal tersebut ane searching di google dengan berbagai kata kunci untuk menemukan jawabannya. Akhirnya ane ketemu dengan blog orang yang bernama strukturkode.blogspot.com dan ane mendapat jawaban semuanya disitu.

Intinya...

Iklan adsense tidak muncul karena Google sedang mengcostum domain blogspot.com menjadi .co.id. Hal ini tentunya sama dengan halnya agan-agan sekalian melakukan costum domain ke TLD yang membuat iklan adsense hosted blank. Karena dengan blogspot.co.id yang merupakan costum dari .com masih dianggap baru, dan iklan adsense hosted harus menyesuaikan terlebih dahulu.

Catatan:

Dengan menambahkan scrip tambahan maka blog agan akan bertahan dengan blogspot.com dan iklan tetap muncul, namun resiko ditanggung sendiri pasalnya google telah mengcostume seluruh blogger indonesia dengan domain Indonesia. Tujuan dirombaknya .com ke .co.id untuk mengatur wilayah gografis sesuai nama negara masing-masing. Namun kalau ingin iklan adsense muncul dengan domain blogspot.co.id , maka bersabarlah menunggu 2-3 hari. 

Saran:

Ikutilah peraturan Google, daftarkan URL domain agan sekalian ke webmaster agar lebih cepat terindex, dan tetap semangat membuat artikel. Dan terpenting agan dapat merasakan gajian dari si Mbah untuk bulan ini dan seterusnya. Amin

Mungkin itu sedikit pengalaman ane yang sedang kebingungan. Semoga teman-teman yang sedang mengalami masalah yang sama seperti ane dapat tenang sedikit dan terus semangat. Ikuti selalu artikel sudutpandang.net , dadah bye-bye hehe


Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Akibat custom domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id"

  1. Replies
    1. iya sama-sama mas,semoga pengalihan blogspot.com ke blogspot.co.id akan makin maju blogger indonesia

      Delete
  2. mantap gan ane tetap pakai blogspot.co.id ,nurut kebijakan yang dibuat google hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas sepertinya saya juga akan mengikuti kebijakan dari Mbah Google, untuk menjaga kemanan akun dan blog , tahnk you mas bro

      Delete
  3. artikel yang sangat bermanfaat sekali kak admin,,, nanti sya akan rekomendasikan ke teman-teman tengan artikel kak admin yang sangat bagus ini...

    terima kasih sebenar-benarnya

    master seo mau nitip url ya....moga berkah
    http://www.apotikjualobatperangsang.com/2016/03/Obat-Perangsang-Potenzol-di-apotik-online-k24.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey gan terim aksih atas kunjungannya keblog sederhana saya ini

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.