21 Tips sukses ngeblog menuju blogger pfofesional

www.sudutpandang.net

21 Tips sukses ngeblog menuju blogger pfofesional-Kembali lagi bersama saya Saliman, semoga kalian semua sehat selalu, amin. Saya mau tanya, siapa disini yang belum mengenal blog ?, jika belum saya kasih tahu. Blog adalah sebuah media sosial yang sebagian besar kegiatannya menulis, entah menulis berita, cerita, puisi, cerpen, tutorial dan sebagainya. Selain itu ngeblog juga dapat menambah wawasan kita, bahkan yang tidak sekolah sekalipun. Walau tidak sekolah asal mau menjadi blogger, pasti akan menjadi pintar karena banyak belajar. 

Kegiatan menulis yang satu ini memang sungguh luar biasa manfaatnya bahkan dapat menghasilkan uang, tidak percaya, boleh teman-teman tanya kepada search engine atau orang-orang kuliahan atau yang lainnya yang mungkin teman-teman kenal. Hasil dari blog ini bukan hanya sekedar dijadikan penghasilan tambahan maupun sampingan. Jauh dari pada itu, ngeblog dapat dijadikan sumber utama mata pencaharian kita. Bahkan blog sendiri dapat kita jadikan aset yang berharga untuk masa depan kita dan keluarga kita nanti, asalkan terawat ya. Memang segala sesuatu yang dirawat akan menghasilkan. 


Jika pada tahun 2008 ketika saya masih SMP, blog tidak terlalu terkenal, ya mungkin sudah terkenal untuk kalangan IT dan sebagainya. Namun saya sendiri jujur belum mengenalnya saat itu. Kini blogger-blogger Indonesia bermunculan, tidak hanya datang dari kalangan atas atau yang mempunyai pendidikan tinggi. Namun dari desa sekalipun tidak lulus sd juga ada yang menjadi blogger sukses dan terkenal. Dari mahasiswa sampai pekerja banyak yang mempunyai blog. 

Blog itu menurut saya sangat-sangat berguna, ya selain katakanlah tidak untuk mencari uangsetidaknya dengan blog kita dapat berkarya tentunya dapat dilihat banyak orang. Kalau bermanfaat mungkin kita dapat pahala yang melimpah bahkan saking bermanfaatnya kita mendapatkan kepopuleran juga, amin. 

Sebelum terjun didunia blogger saya hanya karyawan disebuah bengkel yang tidak tahu-menahu tentang nilai tukar rupiah, pembuatan bank luar negri, nilai tukar EURO, USD , pengambilan uang melalui wester union, harga emas perharinya, spesifikasi handphone, otomotif dan tentunya banyak lagi. Serta yang dulunya selesai kerja langsung bermain game bahkan langsung tidur, sekarang saya aktif menulis dan belajar kembali, dan mimpi untuk hidup mandiripun lebih terencana sangat matang (punya usaha sendiri). Meskipun sekarang masih sama saja mekanik sebuah bengkel, namun saya sudah tahu dan hampir setiap malam belajar banyak hal yang sebelumnya enggan, atau bahkan tidak terfikirkan, semua itu hanya dari saya ngeblog. 

Saya yakin suatu saat saya akan hidup dan punya usaha sendiri, meski hanya cita-cita tapi terasa nyata untuk direalisasikan. hanya dengan belajar ngeblog kita bisa belajar banyak hal, dan mungkin pengetahuannya akan setara dengan yang kuliah, itu pasti. Maka dari itu belajarlah kalian semua membuat blog, tidak apa-apa tampilannya amburadul, tulisannya tidak enak dibaca, tidak ada yang membaca, tapi kedepannya akan lebih baik karena semua butuh waktu. 

Itu sekilas pandang mengenai blog, dan selanjutnya saya akan membahas mengenai bagaimana cara menjadi blogger profesional. Jika kemarin saya telah membuat artikel yang berjudul "3 tingkatan unik yang dimiliki blogger pemula", maka kali ini saya akan membahas untuk tahap advance. 

Banyak cara untuk menjadi blogger sukses, salah satunya ya dengan niat, konsisten dan berdo'a. Tidak hanya akan melakukan sebuah kegiatan offline saja, berdoa itu ketika kita online juga perlu agar semakin berkah. 

Mungkin saat ini teman-teman semua menunggu sesuatu yang tidakbertele-tele, atau bisa dikatakan to the point/langsung menuju intinya saja/poin itu sendiri. Okey marilah kita simak cara menjadi blogger Profesional/Master.

Tips sukses ngeblog menuju blogger pfofesional :

1. Bertanya

Ketika kita membuka internet,menonton televisi, mendengarkan radio, menonton you tube atau bahkan teman-teman mendengarkan satu atau dua patah kata mengenai orang sukses dari pembicaaran tersebut, tanyalah kepada mereka (siapa orangnya dan bagaimana cara dia sukses), renungkanlah hasil jawabannya.

2. Galih lebih dalam

Mungkin melanjutkan dari poin satu, ketika teman-teman telah mengetahui seseorang sukses dari sebuah media sosial/bekerja online tepatnya adalah Internet marketing, kemudian galihlah lebih dalam. Karena jika teman-teman hanya belajar Internet marketing pasti pusing, karena internet marketing itukan banyak sekali, meliputi jualan, aktivitas blogging, main game, lah pokoknya banyak sekali, jadi kalau teman-teman menelan secara mentah-mentah pasti akan pusing dan malah-malah tidak mau lagi untuk menggalih lebih dalam. Menggalih lebih dalam magsudnya itu pelajari lebih lanjut, pecah secara khusus. karena sebagian Internet marketing dilakukan dengan media blog/website, saya sarankan untuk memilih blogger yang gratis tis. 

3. Pelajari apa itu "www.blogger.com"

Setelah tahu diaseorang blogger sukses dan terkenal, maka jangan segan-segan untuk mengkoreksi dan mencabut sampai dasar-dasarnya. Pelajari cara membuat blog melalui teman, media sosial, you tube dan searching di google. Jika masih dirasa kurang jelas datang langsung kepada orang-orang terdekat dengan tempat tinggalmu, tentunya yang mengetahui seluk beluk blogger. Kalau mau mampir ketempat saya juga bisa, lihat dimenu admin, pasti saya akan membantunya. 

4. Pelajari bagaimana tampilan blog yang baik, yang membuat pengunjung betah 

Setelah tahu cara membuatnya, lebih baik teman-teman semua tidak perlu memikirkan hal yang tidak-tidak dulu seperti banyaknya visitor, google adsense, atau bagaimana cara mendapatkan uang, apalagi sampai berfikiriran ingin kaya mendadak dengan ngeblog. Percayalah terkadang kemasan tak sesui dengan isinya. Maka dari itu fikirkan terlebih dahulu apa yang ada ditahap berikutnya, yang lainnya nanti pasti ada  tahapnya tersendiri. tahap ini dimagsudkan untuk mencari template blog yang sesui dan enak dilihat pastinya, bila perlu beli untuk mendapatkan template premium.

5. Pelajari tata-letak blog

Setelah mendapatkan template yang baik, tentunya kita harus segera menyusun tata letaknya agar terlihat rapih dan ringkas. Pilih wiget-wiget apa saja yang harus dipakai untuk mempermudah dan membuat betah pengunjungdi blog teman-teman semua. 

6. Pelajari warna tulisan dan background blog 

perpaduan warna yang pas akan membuat mata terasa nyaman untuk memandang dan pengunjung pastinya akan senang sekali dan betah ketika membca artikel teman-teman semua nantinya. Mengenai warna yang pas teman-teman semua harus mempelajarinya pada orang-orang yang tahu akan seni, atau dapat searching di internet. 

7. Buat navigasi yang baik

Navigasi si apa ya, bagi yang awal-awal seperti saya dulu pasti akan kebingungan melihat pertanyaan itu. jadi begini navigasi blog itu sbenarnya sama dengan peta/map. Ketika pada peta kota-kota dimana teman-teman berada saat ini jelas dan sekitar daerahmu juga terlihat jelas terpercaya akurat. Sama navigasi blog itu mengkelompokan tema artikel yang sejenis, misal yang berbau bengkel masuknyake label otomotif. Hal itu berguna bagi kemudahan pengunjung untuk mencari topik yang dibutuhkan, dan menemukannya dengan cepat. 

8. Pilih nama domain yang baik/sesuai passion

Pemilihan domain biasanya akan mewakili passion teman-teman semua atau tema yang dikuasai. Karena pemilihan tema yang sesuai apa yang kau kuasi maka blog teman-teman akan semakin besar kedepannya, atau sebaliknya. Nah misal otomotif teman-teman dapat membuat "www.otomotif.blogspot.com" atau bisa menggunakan top level domain menjadi "www.otomotif.com" itu lebih baik, begitu contohnya. Saya sarankan jika blog teman-teman adalah aset dimasa depan,langsung menggunakan top level domain agar lebih mudah untuk branding. 

9. Buat artikel original

Menjadi blogger sukses tentunya memiliki keunikan sendiri disisi tulisan tentunya. Oleh karena itu dilarang keras dan tinggalkan budaya copas. Mencari referensi tiu tidak masalah, yang penting bawakan dengan keunikan teman-teman sendiri pasti hasilnya akan jauh lebih memuaskan. 

10. Belajar optimasi seo

Ini yang membuat para blogger kelimpungan dan terus menerus haus seo. Seo sendiri sebenarnya sudah masuk kedalam poin 4-8, tapi lebih jelasnya teman-teman harus segera mempelajari seo on page dan seo off page. 

11. Lakukan promosi

Nah promosi ini baiknya tidak hanya dilakukan didunia online, teman-teman. Tapi ketika teman-teman main ceritakan blog sobat ya kepada teman-teaman atau keluarga. Bila perlu buatlah poster dan tempel dipepohonan untuk menarik orang mengunjungi blog kita. Terkesan berlebihan tapi itulah marketing. 

12. Ikutlah kedalam komunitas blogger

Mengikuti sebuah komunitas blogger tentunya akan sangat menambah wawasan, apalagi jika komunitas itu dapat berkumpul dan ngeblog bersama pasti akan menjadi sesuatu yang luar biasa bagi perkembangan ilmu teman-teman semua karena banyak teman. 

12. Carilah partner ngeblog yang benar-benar satu visi dan misi 

Mencari teman itu mudah bagi saya, cukup kita baik kedia maka jadilah teman. Tapi masalahnya terkadang banyak teman hanya sebatas kenal, hari ini chatting masalah blog besoknya tidak, atau minggu ini bahas blog, minggu depannya tidak dan seterusnya. Berusahalah mencari teman baik dalam dunia blogger khususnya minimal yang bisa saling menyanggah ketika blog kita terjatuh, dan sebaliknya (diluar persahabatan umum). Dengan mempunyai teman seperti ini dipastikan kita dapat bertukar backlink, bertukar ide dan bahkan bertukar blog (bercanda). 

13. Ikuti hal baru 

Meskipun blog kita bukanlah blog berita, namun mengupdate berita atau peristiwa terbaru pastinya suatu hal yang sangat penting untuk kita lakukan bagi seorang blogger. Karena yang namanya sukses aitu usaha secara continue. 

14. Mencari sponsor blog

Ini sepertinya yang langsung difikirkan oleh setiap blogger pemula, padalah tahu sendiri, ini ada di step 14, jauh sekali bukan itupun kalau step 1-13 dilakukan dengan benar. Okeylah anggap saja poin/step-step itu telah teman-teman lalui dan selanjutnya untuk menuju kesuksesan teman-teman harus mencari sponsor yang sesui. Untuk blog sendiri saya rekomendasikan publisher google, jasa pasang iklan blog lain, tapi lebih ke Google Adsense.

15. Mempelajari Google Adsense

Setelah tahu menahu dengan optimasi-optimasi dasar blogger, kini saatnya teman-teman mempelajari hal baru yaitu google adsense. 

16. Buat lebih banyak blog

Adsense boleh 1 akun, tapi Google telah berbaik hati untuk memasangnya di 500 blog, bayangkan jika 1 blog menghasilkan $3/day x 500 blog = buanyak hehe. 

17. Carilah karyawan

Karyawan disini kerjanya ya membuat artikel original, jadi kerjanya kita hanya memposting saja serta mengontrol blog tersebut. Management karyawan tergantung dari kemampuan management teman-teman sendiri. Boleh membuat organisasi karyawan ada yang bagian nulis, bagian seo, bagian promosi dan sebagainya, akan lebih baik. 

18. Belilah aset nyata dari hasil bisnis online

Sepertinya teman-teman harusantisipasi, karena bisnis seperti itu bisa mati sewaktu-waktu, bahkan bukan hanya bisnis online, bisnis nyatapun memang banyak resiko yang menimbulkan PT gulung tikar/mati. Oleh sebab itu belikan tanah, emas, dolar, EURO mungkin, peralatan wirausaha dan investasi ke perusahaan lain terpercaya, jangan lupa masukan asuransi. 

19. Bangunlah bisnis offline dibelakang bisnis online

Untuk memperkuat dan membangun brand blog teman-teman pastinya harus ada tempat terpercaya, misalnya kantor. Dengan adanya kantor yang bernamankan blog teman-teman pastinya brand akan semkin dipercaya tentunya pengunjung akan semakin betambah. 

20. Bahagiakan mereka

Bahagiakan mereka (keluarga) ketika teamn-teman sukses, bantulah orang-orang yang kurang mampu. Nikmati hidup

21. Berdo'a 

Berdoalah setiap langkah setiap hembusan nafas teman-teman semua, agar semuanya baik-baik saja

Sebenarnya saya ingin menulis lebih banyak lagi namun untuk apa ketika tidak bisa dipahami dan hanya mengulang-ulang. Inilah gambaran cerita singkat yang mungkin akan membuat teman-teman semangat untuk ngeblog dan menjadi blogger sukses tentunya. Cukup sekian, apabila ada kata-kata yang salah penulisan atau kurang sopan mohon tuliskan respon teman-teman semua di komentar, pasti saya balas secepatnya. Saya Saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya.


Artikel lainnya : 

"3 sifat/tingkatan unik yang dimiliki blogger pemula"







Subscribe to receive free email updates:

24 Responses to "21 Tips sukses ngeblog menuju blogger pfofesional"

  1. Artikelnya memberi motifasi yang kuat untuk saya bisa terus semangat dalam mempelajari blog, terimakasih admin. masih perlu lebih banyak lagi untuk belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah semoga selalu semangat ya gan, saya merasa senang kalau artikel ini mampu membuat semangat orang lain. Sukses terus blogger Indonesia

      Delete
  2. Semoga dengan melakukan ke 21 cara tersebut bisa membawa saya ke suksesan yang besar , amiin "makasih ya mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, pasti mas, sukses akan tiba pada waktunya, dan tidak perlu ragu blog juga bisa membuat pemiliknya sukses asal dipelihara dengan baik

      Delete
  3. hmmm......wah keliatannya cara2 tersebut mudah bagi pemula seperti saya.....promosi yg paling handal lewat medsos dan website.....
    semoga saya bisa melakukan hal2 tersebut...dan dapat tercapai misi dan visi saya untuk membangun para karyawan menjadi sukses di profesi dia apapun itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk era sekarang ini semua serba online, jadi untuk mencuri pangsa pasar yang besar pastinya harus promosi lewat media online pak. Wah mulia sekali, semoga bapak semakin sukses dalam mendidik karyawan

      Delete
  4. Ada 21 tips, lumayan banyak nih, nomor 17 bagian carilah karyawan, sepertinya juga dibutuhkan oleh blog yang besar, karena kadang kala juga mungkin terkendala sama waktu karena kesibukan yang ada, kalau saya tetap usahakan coba untuk melahirkan dan mendirikan blog dengan hasil usaha sendiri kecuali sudah memang enggak mampu untuk mengelola karena kepadatan waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika memang tujuan agan membuat blog untuk berbisnis, memang benar teman suatu saat karyawan akan dibutuhkan. Dengan adanya karyawan kita akan semakin mudahuntuk memanagement blog beserta pasif income yang datang akan lebih besar

      Delete
  5. Harusnya, bertanya itu di akhir bro, kalau bertanya terus, kapan ita mencari ilmu dengan mandiri? Hehe maaf sarannya terlalu keras :D

    Belanja Alat ukur dan Thermal Camera Hanya di dutapersada.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah joss sekali mas atas ktitik dan sarannya. Sebenarnya setiap orang itu mempynai sudut pandang masing-masing namun ibnti dari tujuannya sama. kalau saat ini tulisan ini adalah berdasarkan penglaman pribadi dimana dulu saya tidak tahu apa itu blog, bahkan alamatnya saja tidak tahu. nah sebelum saya belajar ngeblog, saya tanya terlebih dahulu dengan teman mengenai apa itu blog. setelah tahu, kemudian saya berinisiatif untuk mengembangkannya sendiri, kalau bisa dikatakan saya menjadi blogger pemula medium, karna pada dasarnya saya tidak tahu menahu mengenai blog.

      Terima kasih ini mas sarannya, semoga berguna bagi yang mau belajar, sukses mas Renaldi

      Delete
  6. Saya blogger newbie gan, saya awal bikin blog sebenernya cuman buat iseng-iseng aja, tapi berhubungan disini dibahas "Biasa dapet duit" dari blogging, saya jadi lebih tertarik mendalami dunia blogging ini hehehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mas sekarang eranya sudah berubah, jika dulu hanya sebatas karya sekarang ngeblog bisa kaya. intinya selalu semangat dan utamakan keaslian konten biar unik. salam blogger

      Delete
  7. Makasih gan atas tipsnya..saya sekarang sedang menuju sana. semoga kita semua jadi blooger yang handal

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, semoga doa ini bukan hanya untuk kita, melainkan untuk generasi selanjutnya, majukan blogger Indonesia

      Delete
  8. makasih yaa gan tips"nyaa,semenjak baca ini ane jadi semangat ngeblog lagi .__.
    makasih banyak ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang sekali dapat membuat anda termotivasi untuk lebih semangat ngeblog, maju terus gan

      Delete
  9. wah idea yang bagus gan, menjadi blogger emnng butuh belajar dan ketekunan yang exstra. Banyak blogger yang KO karena niatnya cuma setengah.
    makasih atas tutor plus motivasine

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya gan, ngeblog jangan setengah-setengah biar sukses, okey hehe

      Delete
    2. Haha siap ndan, mantan sukses selalu min

      Delete
  10. Tipsnya bermanfaat sekali mas.. Ke 21 poin diatas benar2 harus dilakukan jika ingin sukses yaa... Terimakasih banyak telah berbagi dan menyemangati kami untuk tetap ngeblog lebih baik lagi. Salam sukses selalu buat Sudut Pandang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, terima kasih banyak teman, semoga sama2 menuju sukses. Anwari blog juga keren sekali, saya sudah baca artikelnya mantab danbahasanya juga mempunyai ciri khas sendiri.

      Delete
  11. Tips nya bagus, dan juga memotivasi saya. Tapi juga tidak mudah untuk melakukan semua tips diatas, yang pasti butuh waktu. Semoga selalu diberi semangat untuk ngeblog untuk berbagi hal yg bemanfaat. Sukses terus agan sudut pandang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat sahabatku, iya semua butuh proses dan yakinlah hasil tidak akan mengkhianati proses.

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.