Tips mempersiapkan mental dan modal untuk mendirikan sebuah usaha

Tips mempersiapkan mental dan modal untuk mendirikan sebuah usaha

Selamat datang di sudutpandang.net , kembali lagi bersama saya Saliman sebagai admin blog ini. Bagaimana kabar kalian semua, semoga baik-baik saja ya. Oh iya bagaimana juga dengan puasa anda hari in semoga lancar dan full sampai habis bulan ramadan ya hehe. okey untuk hari ini bagi kita semua yang ingin maju perekonomian keluarga, diperlukan sebuah usaha lebih untuk mencapainya dalam prosesnya. 

Nah kali ini saya akan mengajak kalian semua untuk merencanakan dan mempersiapkan sebuah usaha tentunya menjadi manusia yang mandiri dengan memiliki usaha sendiri. Walau tidak mudah, tapi tetap harus dicoba, karena kalau tidak pernah mencoba kita tidak akan pernah tahu hasilnya, iya kan sahabat sudutpandang.net yang berbahagia. Yah mungkin hari ini, dan detik ini juga anda masih nyaman dengan pekerjaan anda. Mendapat gaji tetap setiap bulannya dan nominalnya juga tidak bisa dibilang kecil, hal ini akan meningkatkan kenyamanan anda berada di zona nyaman. Zona yang tidak ada fikiran lagi untuk mengembangkan diri karena merasa puas dengan konsidi saat ini. Tapi ingat, ketika terjadi sesuatu bencana dizona ini dan anda diharuskan keluar paksa dari zona nyaman ini pastinya akan mengalami tekanan mental dan kebingungan yang sangat hebat, karena anda tidak pernah mempersiapkan sebelumnya. 

Untuk itu mari kita siapkan bekal untuk masa depan kita yang lebih baik, bangun istana sendiri dengan berwirausaha.  Sebenarnya kalau kita melihat dengan sudut pandang yang luas. yang namanya usaha itu terbuka sangat luas. Mulai dari memproduksi barang, menyediakan jasa, reseller dan membuka toko/ritel, atau bisa juga jualan grobag keliling, ya tidak masalah selama itu halal dan tidak merugikan orang lain ya. Lantas apa saja si yang harus kita persiapkan jika ingin membuat usaha sendiri, ini dia. 


1. Belajar teori

Belajar merupakan kegiatan dalam hidup manusia yang tidak akan pernah berhenti kecuali kita telah mati, hanya untuk orang-orang yang ingin sukses didunia maupun diakherat nanti. Tak terkecuali untuk mendirikan usaha, kitapun perlu yang namanya menyusun usaha kita dengan baik, salah satunya ya belajar teorinya. Karena dengan belajar teori, pasti kita akan lebih siap dan tahu sedikit alur-alurnya untuk membuat sebuah usaha. Belajar teori bisa dilakukan dengan membaca buku, menonton video, browsing internet dan mengikuti berbagai seminar kewirausahaan. 

2. Belajar praktek

Tahukah anda setelah teori dipelajari, maka kita harus membuktikan dengan yang namanya praktek. Karena dengan melakukan praktek kita dapat mengukur sejauh mana kesiapan kita untuk memulai sebuah usaha. Tidak perlu modal langsung untuk melakukan praktek tapi bisa ikut keorang yang memiliki usaha sejenis. Yang  namanya masih tahap belajar kita tidak perlulah mengharapkan gaji, kita cukup membantu seseorang yang mempunyai usaha sejenis yang akan kita dirikan untuk mendapatkan ilmunya. Dan dalam masa praktek, harap benar-benar serius, ambil ilmunya dan tekni-teknik lainnya. 

3. Carilah suplier terlebih dahulu

Tentunya kita ingin hidup dan memiliki usaha sendiri dikampung halaman sendiri tentunya, oleh karena itu kita harus mengetahui suplier yang benar-benar mempunyai harga bersahabat dan pelayanan yang memuaskan 

4. Management yang baik

Sebuah usaha akan sukses tak terlepas dengan yang namanya pengaturan keuangan yang baik. Oleh karena itu setiap usaha baik besar maupun kecil, pastikan terapkan management yang baik untuk masalah keuangan. Hal ini mencangkup pemisahan uang pribadi dan toko anda, uang operasional keseharian dan uang gajih diri anda maupun karyawan. Yang terpenting uang perusahaan ya uang perusahaan, sekalipun usaha itu milik anda. 

5. Tempat

Tempat yang dimagsud ya mungkin sebuah toko ataupun kios untuk berjualan atau sebagai kantor jasa. Usahakan sediakan tempat yang memadai, minimal bersih karena semua orang suka akan kebersihan. Kemudian, carilah lokasi yang strategis. Untuk apa kalau toko anda nyaman, aman, bersih tapi ditengah hutan siapa yang mau berkunjung hehe

6. Mental

Setelah mendirikan sebuah tempat, biasanya anda akan berfikir ulang, mau jualan apa dan harus bagaimana. Bisa untung atau tidak. Terkadang ditahap yang akan selesai ini, kebingungan akan melanda. Bahkan tak jarang ada yang memikirkan untung-rugi kembali. Padahal pemikiran seperti itu harusnya sudah disiapkan ditahap paling awal. Tapi memang tidak dapat dipungkiri, mendirikan sebuah usaha itu hampir semua orang mengalami yang namanya kegalauan. Meski ada yang tanpa fikir panjang kemudian sukses dengan usahanya. 

7. Modal 

Jika dahulu kala kita sering sekali memikirkan modallah yang menjadi hal terpenting dalam sebuah usaha, sekarang anda tahu tidak selalu begitu, karena banyak faktor yang akan mensukseskan usaha anda. Tapi  alangkah baiknya kita tetap harus menyiapkan modal yang cukup untuk membangun sebuah usaha. Jangan tanggung-tanggung karena hasilnyapun tanggung. 

Sepertinya ke-7 tips itu akan membuat anda kembali berfikir untuk tidak selalu bekerja kepada orang lain dan mulai untuk membangun sebuah usaha mandiri punya sendiri. Hidupkan jiwa muda kita semua untuk berwirausaha, saya saliman pamit undur diri, salam Mandiri sejati. 

Artikel menarik lainnya :

 "Cara membuat promo diskon 100% tapi tetap untung_marketing"




Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tips mempersiapkan mental dan modal untuk mendirikan sebuah usaha "

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah memang usaha apa itu mas dulunya?, tapi persiapan memang harus dipersiapkan lebih dari sekedar matang agar maksimal

      Delete
  2. Istimewa sekali tulisannya, calon pengusaha kaya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe amin mas, terima kasih. semoga mas juga menjadi orang sukses kelak

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.