6 Contoh peluang bisnis ternak

6 Contoh peluang bisnis ternak
Peluang usaha ternak 


Sudutpandang.net- Salam mandiri sejati, kembali lagi bersama saya Saliman admin yang paling mengerti kebutuhan anda dalam mencari peluang bisnis untuk menciptakan lapangan usaha maupun lapangan kerja bagi orang lain. kali ini saya akan membantu anda semua menemukan potensi itu, dengan bermodalkan niat dan tekad yang kuat saya akan merekomendasikan usaha berternak hewan. 

Apa menguntungkan usaha ternak itu ?, semua usaha yang dikelola dengan serius dan konsisten pasti akan menghasilkan, tak terkecuali bisnis ternak. Tidak perlu malu untuk mulai berbisnis ternak, lebih malu lagi kalau anda tidak punya penghasilan dimasa tua yang renta. Apakah anda ingin bekerja sampai tua dengan kondisi yang tak memungkinkan, seharusnya kan duduk santai menikmati masa tua. 

Mengutip kata-kata Om Bob "bisnis yang bagus adalah bisnis yang secepatnya dijalankan jangan tanya terus", intinya anda harus segera terjun dan melakukan sesuatu, jangan berdiam diri dalam kebimbangan. Tapi karena saya berbaik hati, maka saya akan memberikan contoh peluang bisnis ternak, yuk simak apa saja yang bisa anda kelola. 

Contoh peluang bisnis ternak :

1. Ayam



Bisnis ternak ayam menurut saya sangat menguntungkan, direkomendasikan ayam broiler/pedaging. Berdasarkan pengalaman, saya pernah kerja dipeternakan ayam broiler. Perawatannya memang sangat mudah asalrajin saja membersihkan kandang dan memberi makan ayam secara teratur, jangan lupa juga untuk memberikan vaksin kepada ayam agar tetap sehat. 

Untuk membuat kandangnya juga tidak terlalu sulitlah, anda cukup menyiapkan beberapa bambu. Bagusnya si untuk kandang ayam berdiri diatas kolam ikan, dengan begitu kotoran akan jatuh kedalam kolam dan ayampun sehat, ikan juga tidak mempermasalahkan hal itu, yang penting kolamnya ada aliran air sedikit biar air tetap jernih. 

Untuk hasilnya jangan khawatir, karena ayam broiler masa panennya cepat antara 35-42 hari sudah bisa dipanen dengan bobot 3.5 kg, kalau super sampai 4 kg per ekor. Dengan panen yang singkat maka ini cocok sekali untuk anda yang ingin berbisnis ternak. 

2. Bebek



Berternak bebek sam halnya dengan ayam , yang harus anda perhatikan adalah bagaimana merawat bebek itu agar tetap sehat dan tahan terhadap penyakit. Tidak bisa dipungkiri bebek merupakan bisnis yang sangat cocok bagi yang hobinya ternak, selain karena bisa dilepas disawah dan mencari makan sendiri, bebek juga memiliki masa panen dayang relatif cepat sekitar 2-3 bulan. 

Untuk pemasarannya sendiri sudah barang tentu sangat mudah, tinggal anda membuat penawaran kepada restoran-restoran terdekat, distributor bebek, atau langsung menjualnya kepasar hewan. Karena bebek sangat disukai dagingnya, maka saya yakin bebek akan menjadi bisnis menguntungkan bagi anda yang ada di perkampungan. Kenapa, karena udara yang masih segar akan membuat bebek lebih sehat tentunya gizinyapun akan lebih tinggi. 

3. Sapi/kerbau



Keuntungan berternak sapi sudah tentu ada pada dagingnya, dengan anda mulai berternak sapi maka siap-siaplah anda sukses besar. Mengapa ?, karena diera sekarang dengan konsumsi yang tinggi, daging sapi dapat dijadikan berbagai macam olahan yang menggiurkan, seperti rendang, bakso, sop, dan masih banyak lagi. 

Apalagi kalau masuk lebaran dan waktu kurban, harga daging sapi akan naik beberapa kali lipat dikarenakan permintaan pasar yang membludak. Tidak tanggung-tanggung satu ekor sapi bisa laku dengan harga puluhan juta, harga yang fantastis bukan. Untuk perawatannya juga cukup mudah, karena saya sendiri dulu berternak sapi. Bersihkan kandang seriap hari, mencari rumput dihutan maupun disawah. Atau agar lebih bagus, tanamlah rumput gajah (bahasa Kebumen), agar lebih meminimalisir terbuangnya waktu anda untuk mencari rumput. 

Sesekali jika memang anda malas untuk mencari rumput, bisa juga membuat komboran sapi yang terbuat dari dedek (sisa hasil gilingan padi), rumput gajah, damen (jerami) ditambah garam beryodium, bagaimanapun juga anda harus memperhatikan kesehatan sapi agar tetap gemuk dan sehat dagingnya. 

4. Kambing



Ternak kambing juga menggiurkan, sama dengan sapi namun tentu saja modalnya lebih sedkit dibandingkan sapi dengan jumlah yang sama. Berdasarkan pengalman juga, kambing sangat berpotensi untuk mendapatkan untung jika dikelola dengan serius. Harga jual yang relatif mahal, dagingnyapun sangat disukai masyarakat indonesia bahkan manca negara. 

Daging kambing yang paling sering dan terkenal olahannya adalah sate kambing. Terbukti saat tiba waktu kurban, banyak sekali orang-orang yang mendapat daging kambing kemudian dibuat sate. Dengan melihat peluang ini, saya sarankan untuk mengkombinasikan antara ternak dan berjualan. Terak kambing kemudian sambil jualan sate. 

Perawatan kambing juga sepertinya lebih mudah dibanding sapi, dalam apa itu, tentu saja saat mengeluarkan dari kandang. Dengan berat badan yang lebih ringan pastinya kambing mudah sekali untuk dikeluarkan dari kandang, dan diajak jalan-jalan kesawah untuk mancari makan sendiri. Kalupun anda yang harus memberinya makan, cukup pergilah kehutan disitu banyak sekali tumbuh-tumbuhan yang disukai oleh kambing. Bahan makanannya murah tapi harga jualnya tinggi. 

5. Kelinci



Salah satu bisnis yang menarik adalah bisnis kelinci, usaha kelinci itu sangat mudah tinggal beli sepasang kelinci, membuat kandang, memberi makan dan merawat kandang agar tetap bersih mudahkan. Lantas makanan apa yang enak buat kelinci apa harus selalu wortel, kalau begitu saya harus mengeluarkan uang setiap saat hanya untuk makanan kelinci, terus saya makan apa. 

Tenang, berdasarkan ikut teman juga yang punya kelinci, saya menemukan ketertarikan terhadap kelinci. Karena membuat kandangnya tidak terlalu besar, dan kelinci itukan lucu hhe. Tapi bukan itu permasalahannya, mari kita kembali krtopik pertanyaan. Kelinci adalah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan, jadi anda bisa mencari rumput segar disawah, seperti yang saya lakukan bersama teman saya. Kalau masih tahap latihan tidak perlu memelihar banyak-banyak ya cukup sepasang saja, jadi dengan begitu anda cukup membawa karung kecil untuk mencari rumput. 

Keuntungan dari ternak kelinci ada pada kesenangan pribadi, daging kelinci yang berfungsi sebagai obat juga dapat dijadikan makanan tapi saya belum pernah makan daging kelinci si ehhe. Emm selain itu dapat berkembang biak sehingga anda bisa memulainya dengan modal sedikit. 

6. Ikan 




Selain bisnis hewan darat tidak ada salahnya jika anda mencoba budidaya ikan. Banyak jenis budidaya ikan, seperti ikan Bawal, Ikan Mas, Ikan Lele, Ikan Nila, atau malah menyasar segmen lain seperti budidaya belut. 

Budidaya ikan itu ya cukup mudah juga tinggalkan siapkan kolam, kalau tidak ada ya dengan terpal bisa, isi air dan taruh dah itu ikan, jangan lupa dikasih makan. Peluang usaha ikan ini juga sangat menjanjikan bagi anda yang tinggal dipedasaan, pantai, apalagi dekat rawa-rawa. Keuntungan yang dihasilkan juga sangat serius karena yang namanya ikan kebanyakan pasti menyukainya dan dapat dijadikan bermacam-macam olahan. 

Sementara peluang yang sudutpandang.net rekomnedasikan baru 6, anda juga bisa mencoba hal-hal baru seperti budidaya semut merah, lebah, tokek, burung, dan sebenarnya masih banyak lagi. Yang terpenting niatlah jika ingin berusaha, lakukan secepatnya jangan banyak mikir untung rugi apalagi soal pemasarannya. Logikanya jika anda sudah mempunyai yang akan dijual pasti anda akan berusaha kerasa membuat penawaran bisnis. Saya Saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjunganya diblog saya yang sederhana ini. 

Baca juga : 

"Jangan merekrut karyawan kalau usaha anda belum menghasilkan"

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "6 Contoh peluang bisnis ternak "

  1. pengalaman teman saya usaha ternak sapi memang mempunyai untung yang lumayan.Dalam waktu satu tahun sudah punya satu anakan sapi.anakan sapi umur 2 bulanan sudah di tawar 5 jutaan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang mas, sapi itu sangat mahal harganya, itu yang dicilap satu ekor sapi harganya lebih dari 50jt hehe, yang penting serius dengan apa yang kita niatkan dalam berusaha.

      Delete
  2. kalau saya sementara ini masih ternak kambing..., harus telaten deh pokoknya., :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emmm wah bagus itu mas bisa cari rumput sambil nulis hehe

      Delete
  3. emang agan pernah jadi peternak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah mas..maklum saya lahir dikampung dekat gunung jadi banyak sekali masyarakat disekitar tempat tinggal saya berternak..termasuk keluarga saya hehe

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.