Cara mengatasi mesin mobil mati saat melintasi rel kereta api

Cara mengatasi mesin mobil mati saat melintasi rel kereta api

Cara mengatasi mesin mobil mati saat melintasi rel kereta api-Salam otomotif, hai sahabat otomotif yang berbahagia, kali ini sudutpandang.net hadir kembali akan membawakan materi pendek untuk mengatasi yang namanya kepanikan saat melewati rel kereta api. Apalagi ketika mesin kendaraan anda tiba-tiba mogok saat melintasi rel kereta api. 

Lantas apa si sebenarnya yang menyebabkan mesin mati saat berada diperlintasan kereta api ?, tak lain karena rel kereta api mangandung magnet yang sangat tinggi. Dari mana magnet itu berasal ?, yentu saja dari boggie (roda kereta api) yang terbuat dari baca dan sebagian besar menggunakan rakitan dinamo yang besar. 

Oleh karena itu petugas perlintsan kereta api akan menutup pintu perlintasan kereta api setelah kereta mulai bergerak kurang dari 3 km, karena apa?, karena magnet yang dihantarkan buggie melalui rel mempunyai radius 1 km. Untuk itu ketika sudah mulai terlihat atau setelah petugas perlintasan kereta api mulai menutup pintu, janganlah anda berani menerobosnya. Ditakutkan mobil anda terkena medan magnet yang dihantarkan melalui rel kereta api, sehingga koil dan dinamo kendaraan anda mati dan tidak berfungsi semntara, sehingga mesin mobil tidak akan menyala. 

Namun ketika itu terlanjur terjadi, untuk menghidupakan kembali koil dan dinamo start disarankan anda untuk membunyikan klakson yang kencang beberapa kali. Apa si fungsinya kita melakukan hal tersebut ?. Penjelasan secara teknisnya begini, ketika anda membunyikan klakson kendaraan anda dengan nada tinggi berkali-kali, suara klakson akan memecah dan memutus gelombang magnet pada rel kereta api. Sehingga koil dan dinamo start dapat berfungsi kembali. 

Penjelasannya memang singkat, namun bermanfaat besar tentunya. Tapi alangkah baiknya ketika anda sudah mengetahui ada kereta api melintas dan pintu sudah mulai ditutup anda aharus bersabar untuk menunggu sampai kereta lewat. Hal itu untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Semoga membantu, salam otomotif.

Baca juga : 

"Kenapa mesin mobil mati saat melewati rel kereta api"

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara mengatasi mesin mobil mati saat melintasi rel kereta api"

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.