Kapan Virus Ransomware WannaCry Berhenti Menyerang ?

Kapan Virus Ransomware WannaCry Berhenti Menyerang ?


Kapan Virus Ransomware WannaCry berhenti menyerang ?-Hello sahabat sudutpandang.net kembali kita dikejutkan dengan adanya penyerangan virus yang bernama Ransomware WannaCry. Virus Ransomware WannaCry merupakan senjata siber yang sangat menakutkan, karena tidak hanya 1, 2, dan 3 komputer yang menjadi korban. Bahkan lebih dari 100 negara di dunia ini mendapat serangan Ransomware WannaCry. 

Lantas apa si yang dimagsud dengan virus Ransomware WannaCry dan bagaimana cara kerjanya ?

Ransomware WannaCry dikenal sebagai WanaCriptor 2.0, WannaCry dan WCry yaitu bentuk ransomware yang memiliki kemampuan untuk mengunci berkas maupun data yang ada di komputer. Sehingga data-data pada komputer akan terenkripsi dan tidak akan dapat dibuka lagi kecuali menggunakan password yang telah ditetapkan oleh sang pembuat virus Ransomware WannaCry itu sendiri. 



Cara kerja Ransomware WannaCry 

Ransomware WannaCry akan menginfeksi komputer anda melalui pesan e-mail yang berisi virus, atau dapat menyerang kelemahan windows yang mempunyai versi dibawah Windows 8. Ketika Ransomware WannaCry  menyerang maka komputer anda sudah tidak dapat digunakan lagi, kecuali anda membayar tebusan kepada sang pembuat virus untuk password pembuka data komputer anda. 

Namun hal itu tampaknya tidak mudah, karena uang yang akan ditransfer bukan dalam bentuk dolar maupun rupiah, melainkan kedalam bentuk bitcoin, hal ini tentu akan memakan waktu yang cukup lama dan tentunya merugikan. Namun meskipun anda telah membayar sejumlah uang, password belum tentu akan diserahkan. 

Apa kelebihan Ransomware WannaCry dibanding virus lainnya ?

Wannacry bukan hanya program ransomware, akan tetapi juga worm. Ini artinya Ransomware WannaCry ketika masuk kedalam sebuah komputer, maka dia akan bisa berkembang biak dan mencari korbannya melalui jaringan. Dan diyakini virus ini akan terus menyebar dan meluas seluas-luasnya. 

Siapakah pembuat virus Ransomware WannaCry ? Sejauh ini belum tahu pasti siapa pembuat dari virus unik ini. Adapun kedua negara yang saling tuduh antara lain Amerika dan Rusia. Tapi keduanyapun saling menyangkal akan hal itu. 

Cara mengatasi Ransomware WannaCry adalah dengan memperbarui sitem operasi windows, bila perlu lakukan update OS terbaru. Selain itu jika anda masih was-was akan serangan virus Ransomware WannaCry, instalah anti virus yang memadai dan tidak sembarangan masuk situs-situs yang mengandung banyak virus. Bila terlalu talut, sebaiknya gunakan android saja untuk berselancar didunia maya. Kapan Ransomware WannaCry akan berhenti menyerang ?, entahlah namun badai pasti berlalu. Sekian, semoga bermanfaat. Sampai jumpa, salam mandiri sejati.

Baca juga :

"Harga Black Berry Keyone di Indonesia"

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Kapan Virus Ransomware WannaCry Berhenti Menyerang ?"

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.