Startup Funding untuk Meningkatkan Bisnis Startup Anda


Startup Funding untuk Meningkatkan Bisnis Startup Anda


Startup Funding untuk Meningkatkan Bisnis Startup Anda-Berdasarkan beberapa penelitian, lebih dari 94% bisnis startup yang baru dibangun telah mengalami kegagalan selama setahun pertama operasional. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pendanaan yang mendukung kinerja bisnis tersebut karena alasan itulah yang juga merupakan alasan umum sebuah bisnis mundur. Maka dari itu, Anda sebagai wirausahawan tentunya harus gesit mencari cara bagaimana agar dapat membiayai bisnis startup yang sedang dijalankan. Salah satu solusi yaitu dengan menggunakan sistem startup funding yang sedang menjamur di masyarakat. Hal ini merupakan strategi yang dapat dilakukan oleh penyedia dana untuk mendanai para pebisnis yang dinilai memenuhi persyaratan yang dimintanya.

Strategi Startup Funding untuk Meningkatkan Startup Capital Bisnis
Anda yang memiliki bisnis startup atau sedang menjalani bisnis dan mengalami kendala seperti uraian di atas, dapat menggunakan cara startup funding. Pendanaan yang Anda perlukan akan sangat bergantung pada sifat dan jenis bisnis yang sedang dijalankan. Kebutuhan dana yang cukup banyak akan membuat Anda berpikir untuk mencari sumber pendanaan yang bisa membantu menutupi biaya tersebut. Maka dari itu, berikut beberapa solusi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan strategi startup:

1.     Pendanaan Pribadi
Pendanaan sendiri atau pribadi, atau dalam dunia TI dikenal dengan bootstraping merupakan salah satu cara yang dinilai efektif untuk melakukan pendanaan pada bisnis startup Anda. Anda dapat melakukan investasi melalui tabungan pribadi yang dimiliki maupun melalui tabungan keluarga atau rekan yang berkontribusi pada bisnis tersebut. Hal ini merupakan cara yang efektif karena keluarga, kerabat, dan rekan merupakan orang-orang yang fleksibel terutama dalam permasalahan pendanaan. Startup funding ini bisa Anda gunakan apabila memiliki beberapa orang terpercaya yang berada di sekitar.

2.     Crowdfunding
Crowdfunding ini adalah cara yang baru untuk meningkatkan pendanaan pada bisnis startup Anda. Namun, startup yang sedang Anda jalani harus mengalami popularitas yang banyak akhir-akhir ini. Anda perlu mengetahui cara dan sistem kerja dari crowdfunding ini. Sistem kerjanya yaitu seorang wirausahawan akan membuat detail uraian mengenai segala sesuatu tentang bisnis startupnya melalui platform crowdfunding.

Wirausahawan tersebut akan menyebutkan apa tujuan dari bisnisnya, rencana mendapatkan laba, jumlah yang dibutuhkan, dan alasan untuk apa bisnis tersebut. Kemudian para konsumen yang mengunjungi platform tersebut akan membaca dan apabila konsumen tertarik, maka dapat memberikan pendanaan kepada pemilik bisnis tersebut. Konsumen akan membuat janji online dengan membeli produk yang ditawarkan oleh pemilik bisnis dan kemudian setelah bertemu baru akan diberi sumbangan. Pemberi sumbangan ini bisa siapa saja dan tidak memandang latar belakang apapun. Maka dari itu solusi startup funding ini juga layak untuk dicoba.

3.     Investasi Angel
Investasi Angel atau investor malaikat merupakan seorang individu yang memiliki kelebihan uang serta memiliki minat untuk melakukan investasi pada bisnis startup yang akan datang. Para investor juga akan bekerja secara kelompok jaringan untuk menyaring berbagai proposal dan menyeleksi mana yang akan diberikan dana atau dijadikan investasi. Para investor juga dapat menawarkan mentoring atau menasehati dengan pebisnis. Investor malaikat ini terbukti telah membantu sistem pendanaan dari berbagai perusahaan terkemuka. Para investor pada umumnya akan mengambil banyak risiko dalam berinvestasi agar mendapatkan hasil yang lebih tinggi.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan sumber pendanaan bisnis startup. Indonesia startup funding memiliki berbagai cara dan metode sehingga dapat membantu segala urusan bisnis Anda. Anda bisa memilih cara sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan dengan memikirkan kemungkinan yang akan terjadi di kemudian hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Startup Funding untuk Meningkatkan Bisnis Startup Anda"

Post a comment

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.