Hal yang harus disiapkan jika ingin pergi ke pulau Sumatera menggunakan motor

Hal yang harus disiapkan jika ingin pergi ke pulau Sumatera menggunakan motor

Hal yang harus disiapkan jika ingin pergi kepulau sumatera menggunakan motor-Hello sahabat sudutpandang.net baru sempat update nie setelah 4 hari melakukan perjalanan kepulau Sumatra. Rasanya lelah sekali, ingin rebahan dikasur tapi tidur saja tidak pakai kasur hihihi. 

Nah untuk acara hari ini, sudutpandang net akan berbagi informasi menarik seputar perjalanan kami berdua. Ya maklum kita hanya jalan-jalan biasa. Tapi sebelum itu saya mau tanya dulu, jarak paling jauh yang teman-teman tempuh dengan motor kira-kira sudah sampai mana ya, kalau admin blog ini pastinya sudah menembus tanah Sumatra menggunakan motor berplat AA. 

Saliman


Selama berada diantara plat BE dan BG membuat saya semakin tertarik untuk berkeliling karena pemandangannya sangat indah dan mampu menghipnotis kami. Namun dibalik keindahan tersebut tersimpan rintangan yang menantang untuk sampai kesitu. Apalagi kalau menggunakan motor. Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips untuk persiapan menginjak tanah sumatra menggunakan motor.

Tips melakukan perjalanan ketanah sumatera :

1. Mental dan fisik yang fit

Mungkin bagi teman-teman semua melakukan perjalanan jauh menggunakan motor sudah biasa, akan tetapi kalau jauhnya itu sampai nyebrang pulau bagaimana heh. Pastinya kalau kita ada masalah dijalan lebih sulit untuk pulang karena selain jarak yang jauh juga kita tidak tahu sifat orang-orang disana. Belum lagi sumatra terkenal sekali dengan begal yang berkeliaran. Maka sudah dipastikan mental rider harusnya kuat. 

2. Surat-surat kendaraan dan kunci-kunci

Saat melewati kota Bandar Lampung dan menuju Metro banyak sekali polisi dan memberhentikan saya. Karena apa, plat luar daerah gampang sekali diincar untung saya lengkap, ya intinya bawa sim dan stnk dan helm saja cukup jangan lupa motornya dibawa juga hehe. Kemudian berhubung jalanan lintas sumatra itu banyak yang dalam perbikan kondisi jalan rusak dan terjal. Oleh karena itu bawalah peralatan untuk memperbaiki motor ketika bermasalah. 

3. Pakailah motor sport jangan matic

Kenapa saya tekankan itu, karena saya sudah berpengalaman menelusuri berbagai kota selama 3 hari tanpa henti dengan jarak mencapai 1800 km lebih. Dan parahnya sebagian besar jalan lintas barat dan tengah sumatra adalah hutan,  meskipun jalanan halus namun tanjakan dan turunan curam menghadang. Belum lagi jarak tempuh melewati hutan saja sampai kota rata-rata memakan waktu 1-2 jam itu hanya untuk keluar hutan saja. Kenapa harus pakai motor sport, tepatnya motor sport memiliki tangki bensin yang banyaj dan tenaga kuat untuk nanjak

4. Minimal 2 orang, 4 orang saya rekomendasikan

Pergi ketanah orang seorang diri itu sangat beresiko apalagi menggunakan motor. Kalau saya kemarin berdua saja si, tapi seandainya berempat saya akan lebih tenang . Pasalnya selain kawasan hutan, parahnya banyak begal berkeliaran. Tidak segan untuk membacok orang-orang yang mengendarai plat jauh. Dengan 4 orang mungkin pembegal akan sedikit mengurungkan niatnya. 

5. Hp, kamera, dan gadget lainnya usahakan full battery

Saya pertama mengelilingi kota-kota disumatra itu tidak tahu-menahu akan jalan itu. Bekal saya berkeliling wilayah sumatra menggunakan google map via smartphone. Selain phone sebagai peta, tentunya kita harus selalu melihat jam sebagai perujuk waktu. Bisa saja kita bertanya kepada penduduk setempat, tapi takutnya kita malah disesatkan. Saya rekomendasikan bertanya kepada pemilik warung sambil ngopi hehe. 

6. Fokus pada jalanan

Jalan lintas sumatra banyak sekali cewek cantik dan bohai, opsss bukan itu si. Tapi jalanan sumatra itu banyak sekali tantangannya. Masa dijalan raya ada sapi, kambing, monyet. Pernah sedang kecepatan tinggi tiba-tiba didepan saya ada sapi nyebrang  iya orang kalau diklakson minggir,  kalau sapi hanya diam terus. Kemudian jalanan yang berlika-liku akan membuat kita selalu konsentrasi kejalanan kalau tidak ingin masuk jurang. 

7. Menyiapkan rencana tidur dimalam hari

Kalian tentu tidak mungkin terus melakukan perjalanan tanpa tidur bukan. Jadi siapkan rencana dan kemungkinan terburuk. Kalau saya untung punya kenalan dan saudara jadi bisa nginep ditempat saudara. Namun untuk hari selanjutnya saya sudah melakukan perjalanan lagi jadi nginepnya di pom bensin. Hanya saran nginep aman ketika darurat adalah di pom bensin, indomart 24 jam dan kantor polisi. 

Mungkin itu beberapa tips yang bisa membantu teman-teman yang ingin melakukan perjalanan menggunakan motor ketanah sumatera. Berhati-hatilah karena jalanan disana tidak pernah terduga. Semoga selamat sampai tujuan dan menyenangkan. Baca cerita lengkapnya hanya di www.viksi.net. 

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Hal yang harus disiapkan jika ingin pergi ke pulau Sumatera menggunakan motor"

  1. Wah, bermanfaat nih. Thanks ilmunya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas telah berkunjung, kali aja mas pengen berkunjung ke Sumatra menggunakan motor hehe

      Delete
  2. Replies
    1. ya bos pemandangannya bagus-bagus loh

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.