Cara custom domain blog melalui rumah web

Cara custom domain blog melalui rumah web
Cara custom domain blog melalui rumah web-Hai teman-teman blogger lama ya tidak ada kabar dari SUDUT PANDANG,maaf sekali karena selama 4 hari blog ini sedang mengalami perbaikan jadi yah terpaksa sedikit terhambat untuk posting artikel terbaru. Nah untuk kali ini berhubung sudah jadi dengan nama yang baru,kami siap untuk menemani hari-hari sobat sekalian dengan artikel terbaru. Selama beberapa hari ini saya mengalami gendala untuk custom domain melalu rumahweb.com. Sebenarnya si banyak sekali toko domain hosting terpercaya. Tapi mengapa saya beli disana,mungkin karena persepsi saya yang mengatakan sudah populer,tapi ternyata benar apa adanya. Disana memang sudah sangat populer dan bahkan lebih dari 14.000 domain telah ditanganinya. Selain itu pelayananya ramah dan cepat menyelesaikan suatu trouble. Mungkin ini sedikit gambaran mengenai rumahweb.com ya. 

Selanjutnya yang kita bahas kali ini adalah cara custom domain blog melalui rumahweb. Cara ini sebenarnya sudah banyak dishare di web-web lain,tapi saya akan membawakannya dalam versi SUDUT PANDANG yang lebih simpel.

1. Baik untuk pertama-tama kita siapkan 4 ip Google dan 2 CNAME  yang akan dimasukan kedalam settingan DNS. Anda dapat mencatatnya datadibawah ini.

IP Google :
216.239.32.21
- 216.239.34.21
- 216.239.36.21
- 216.239.38.21

Cname
- www                           ghs.google.com
- cxxdxavylhjl                gv-j6l42jxotmqrjw.dv.googlehosted.com

Data CNAME di atas bisa anda dapatkan melalui gambar dibawah ini dengan memasukan domain yang baru anda beli. Kemudian akan terjadi error dan kemudian anda akan mendapatkan cnamenya.                          


2. Untuk langkah berikutnya kita masuk ke Zona rumahweb.com dan login menggunakan akun anda. Kemudian menuju ke Manage Domain.


3. Kemudian akan mendaptkan tampilan seperti gambar dibawah ini dan pastikan server domain anda sama persis seperti pada gambar dibawah ini.


 Untuk name server:
- nsid1.rumahweb.com
- nsid2.rumahweb.net
- nsid3.rumahweb.biz
- nsid4.rumahweb.org

Next lihat gambar dibawah



4. Untuk selanjutnya klik Management Tools - Manage DNS dan tambahkan 4 settingan A Record.


Perhatikan gambar diatas,Pada kolom Domain isikan domain yang telah anda beli tanpa www. Dan pada Record Type klik dan pilih A Record. Yang terakhir Hostname isi dengan IP GOOGLE yang telah anda catat tadi. Tapi satu dulu 216.239.32.21 kemudian klik Add Record untuk menyimpannya. Hal itu anda lakukan selama 4 kali dengan memasukan IP GOOGLE satu per satu sesuai urutan,caranya sama seperti diatas.

5. Langkah berikutnya memasukan 2 CNAME, lihat gambar dibawah.


Langkahnya hampir sama dengan memasukan A Record namun diubah sedikit. Sebelum memulai anda siapkan CNAME atau lihat pada blog anda caranya lihat kembali diawal artikel. Kalau sudah isikan kolom Domain dengan cxxdxavylhjl ,itu hanya contoh untuk kebenaranya lihat pada blog anda. Kemudian untuk Record Typenya pilih CNAME. Dan pada Hostname isikan dengan gv-j6l42jxotmqrjw.dv.googlehosted.com kembali lagi lihat pada blog anda untuk memastikan kebenarannya. Kemudian klik Add Record untuk menambahkannya. 

Ulangi satu kali lagi pada kolom Domain isikan WWW, pada Record Type isikan CNAME dan pada Hostname isikan ghs.google.com. Dan langkah terakhir klik Add Record untuk menyimpannya.

6. Sesudah menambahkan 4 A Record dan 2 CNAME anda dapat melihat gambar dibawah ini. Semua record berjumlah 6. 


Sampai disini untuk setting dns selesai.

7. Setelah itu kembalilah ke blog sobat.


Dengan selesainya setting DNS maka langkah selanjutnya lihat pada gambar diatas dan klik Simpan / Save. Tapi mungkin ada sedikit hal yang terlewatkan biasanya. Sebelum menyimpannya centanglah kotak kecil dibawah Domain anda. Tujuannya untuk mengalihkan ke www.domainanda.com,jika pengunjung mengetik domain anda tanpa WWW. Singkatnya untuk masuk ke blog anda walaupun tanpa mengetikan www. 

Demikianlah artikel sederhana tentang Cara custom domain blog melalui rumah web,semoga bermanfaat. Pada dasarnya setting DNS dimanapun sama asal tahu intinya. Saya saliman,mengucapkan banyak terima kasih.























Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Cara custom domain blog melalui rumah web"

  1. Mantap gan,, pas sekali saya juga mau beli domain nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ragu gan,untuk settinganny ikuti saja artikel ini. Terima kasih telah mampir

      Delete
  2. patut dicoba nih gan,artikel yang bermanfaat ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas silahkan dicoba harganya murah ko hehe

      Delete
  3. mantap nih bos, tapi kalau dari host lain gimana nih? kaya domain gratisan dari freenom yang .ga .ml .cf dll? kayanya asiik kalau diberi juga.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya semua settingan sama bos cuman tampilannya saja kadang beda. Tapi kyaknya si untuk yang free sedikit berbeda,saya pernah baca . thx atas waktunya

      Delete
  4. Replies
    1. Iya buat yang pengen custom domain bro

      Delete
  5. Wah mantp mansalim
    Ok banget deh pkoknya

    saya ga ngarti

    ReplyDelete
  6. Mas, kalo misalnya saya mempunyai domain dihosting, domain utama mengarah ke website yg dihosting. Kalo saya buat subdomain, gimana supaya sub domain bisa mengarah ke blogspot sedangkan domain utama berada di hosting ?
    Mohon bantuannya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emmm sepertinya tidak bisa karena bagaimanapun juga subdomain terbuat dari domain utama, kecuali jika anda menemukan setingan dns dari sub domain blog utama anda hehe

      Delete
  7. Mantap mas tutorialnya, Kebetulan saya mau migrasi ke TLD mudah2an work pas dipraktekin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah pasti work karena itu pengalaman saya hehe

      Delete
  8. Replies
    1. Emmm Niagahoster juga bagus, terpercaya juga aku pernah lewat depan kantornya di Yogyakarta

      Delete
  9. Kalo saya pengalaman pertama belinya di idhostinger, apakah recommended gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idhostinger juga terpercaya kantornya ada di Yogyakarta kalau gak salah

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.