Akibat kurang tidur dan hal-hal pemicunya

Akibat kurang tidur dan hal-hal pemicunya

Sudutpandang.net-Oaaaammmm..... ngantuknya, disiang hari bolong gini sehabis makan pasti enaknya tidur. Apalagi angin dari luar terasa sepoi-sepoi, uh enak sekali merebahkan tubuh dikasur yang empuk, apalagi sedang libur langsung tancap ke kekasur dah hehe. 

Haduh ngomongin tidur malah jadi ngantuk beneran nie, padahal lagi ngetik, kalau mau tidur kapan selesainya ya, ada yang mau bantuin saya menyelesaikan artikel ini ya. Hari ini sudutpandang.net akan membahas seputar kesehatan.

Kesehatan tentu saja berhubungan dengan pola makan yang teratur, tidur yang cukup, olahraga yang teratur, serta aktifitas tidak berlebihan. Itu semua sangat erat sekali hubungannya terhadap kesehatan tubuh kita.

Normalnya kita tidur dari pukul 21.00 sampai pukul 05.00, dengan tidur yang cukup saya yakin ini akan menjaga kesehatan organ-organ tubuh anda sehingga tidak mudah sakit. Untuk itu mari kita cari tahu bahaya jika kurang tidur diartikel ini. 


1. Berat badan bertambah

Ketika kita begadang akan terjadi perbedaan hormon, sehingga kita lebih sering untuk mengkonsumsi makanan. Sedangkan makanan yang kita konsumsi tidak dibakar dengan sempurna sehingga berat badanpun bertambah. 

2. Emosional

Dengan kurang tidur tubuh anda akan menjadi letih, mata berat untuk melihat. Hal seperti itu membuat tubuh menjadi sensitif, karena malas melakukan sesuatu jika disuruh akan cepat marah pastinya. 

3. Menurunnya kualitas pengelihatan

Efek dari kurang tidur tidak lain membuat pandangan menjadi kabur, kurang fokus. Semakin anda sering begadang akan semakin membuat anda mengalami halusinasi. 

4. Penyakit jantung

Jika anda kurang tidur, jantung biasanya akan berdetak lebih cepat. Ketika anda sering begadang resiko penyakit jantung akan semakin besar. 

5. Penurunan reaksi terhadap rangsangan

Sebuah studi mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan menurunnya gerak reflek. Jadi jangan suka begadang, karena efeknya tidak baik

6. Timbulnya penyakit

Akibat kurang tidur dayatahan tubuh melemah, dan akibatnya berbagai penyakitpun akan mudah masuk. Dengan begitu kemungkinan akan tubuhnya sel-sel kangker dan membahayakan

7. Ngantuk saat bekerja

Ya pasti, ngantuk akan menjadi salah satu akibat utama kurang tidur. kadang dengan rasa kantuk yang sangat tidak bisa ditahan, pekerjaanpun akan menjadi tidak konsentrasi, apalagi yang suka berkendara harus lebih waspada. 

Mungkin itu beberapa akibat dari kurangnya kualitas tidur anda, pemicunya ya bermacam-macam, seperti main gadget meliputi game, browsing internet, nonton video dan masih banyak lagi. Belum ngopi tengah malam, membuat kantuk hilang. Ditambah mandi, dengan mandi tengah malam badan menjadi segar kemudian akan sulit untuk tidur. Semoga bermanfaat, selalu lakukan hidup sehat, dengan sehat anda akan bisa melakukan sesuatu untuk mencapai kesuksesan. 

Baca juga : 

"Manfaat pare bagi kesehatan tubuh kita"


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Akibat kurang tidur dan hal-hal pemicunya"

  1. Wah, bahaya juga yah mas kalo seseorang kurang tidur.. padahal saya tidur jam 2 malem terus. Tapi insyaAlloh saya mau kurangi tidur malam, biar gx kena bahaya seperti yang di terangkan di atas. Trima kasih infonya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama seperti ane mas, tidurnya malam-malam terus. Maklum seorang blogger ya begitu mencari informasi untuk kebutuhan pengunjungnya hehe

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.