Hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berkendara

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berkendara


Hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berkendara-Selamat datang kembali sahabat sudutpandang.net dalam pembahasan rutin yang selalu menarik untuk disimak. Karena saya  memperoleh inspirasi dari berbagai sumber terpercaya dan tertunya memiliki tingkat akurasi tinggi. Yeah pokoknya saya yakin kalian semua tidak akan kecewa untuk menyimak artikel berikut ini. 

Baik tema artikel malam ini berhubungan dengan keselamatan berkendara, tapi tentulah tidak akan pernah sama dengan artikel sebelumnya diblog ini. Jika kemarin mengenai akibat meleapas kaca spion, sekarang kita bahas apa-apa saja yang tidak boleh dilakukan saat berkendara. 

Dalam berkendara pastilah kita harus konsentrasi dan fokus pada jalanan, kalau tidak ingin celaka nantinya. Melihat letak-letak lubang jika jalanan tidak rata maupun terdapat tikungan tajam. Mengatur perseneling saat nanjak dan menurun, terlebih tanjakan maupun turunan curam. 

Belum lagi kalau tiba masa turunnya hujan, dengan begitu jalanan menjadi licin dan lubangpun tergenang air. Itu akan membuat kita sebagai pengendara harus super waspada untuk menghadapi itu. Nah agar kita selamat dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya hal-hal dibawah ini jangan dilakukan. 

1. Makan dan minum

Makan dan minum tidak boleh dilakukan ketika anda sedang mengemudi dijalan raya apalagi dalam kondisi ramai. Karena yang namanya makan dan minum pasti akan mengurangi konsesntrasi anda saat berkendara. misalnya melepas plastik makanan yang susah, belum sedotan yang mungkin terjatuh dan anda harus mengambilnya. Ini merupakan resiko bagi pengendara dan jangan dilakukan. 

2. Merokok

Ya sebenarnya sama halnya makan dan minum, merokok itu jangan dilakukan ketika berkendara. Kenapa ?, karena membuat anda terlalu menikmati bisa-bisa anda ngefly dan salah fokus. Belum lagi kalau anda merokok sambil naik kendaraan roda 2, asap rokok akan mengenai pengendara yang dibelakangnya, mata terasa pedih dan bagi yang tidak suka rokok pasti akan membuatnya sesak nafas dan mual-mual mungkin

3.  Salah fokus

Ya jelas salah fokus ini tidak boleh, tapi tahukah anda jangan sampai salah fokus karena lihatin cewek sampai segitunya. Bisa-bisa anda masuk jurang loh, atau nabrak pohon, kan tidak lucu. Pasalnya dijalan itu banyak godaan, salah satunya gadis wow yang berkeliaran dengan pakaian wow, soalnya ane sering lihat saat dijalan, ya tapi harus kuat biar tetap fokus hehehe 

4. Ngobrol dengan teman sesama pengemudi

Ini jalanan umum, juga jalanan 2 arah yang memungkinkan ada kendaraan yang menyalip dari arah berlawanan. Katika asik ngobrol, tentunya anda sejajar dengan teamn, secara tidak langsung jalananmenjadi penuh, hal ini mungkin akan terjadi hal yang tidak diinginkan. 

5. Menerima pesan text dan suara

Dalam berkendara sebaiknya tidak menerima sms maupun telfon, tapi setelah menepi barulah diangkat dan dibalas sah-sah saja. Ditakutkan jika berkendara sambil sms, chat, dan telfon akan mengurangi fokus anda pada jalanan. 

6. Minum obat

Minum obat ketika ingin berkendara tidak dianjurkan, apalagi minum obat saat sedang berkendara. Hal ini dicegah, karena dalam obat tersebut mempunyai efek kantuk, ditakutkan mengantuk ditengah jalan, berabe pastinya. 

7. Selfie

Lah ini dia menjadi tren untuk kejadian yang tidak diinginkan saat berkendara. Zaman modern dimana gadget bertebaran tidak karuan, hargapun seperti kacang goreng sangat bersahabat sekali. Dari yang kecil sampai yang tua mainannya gadget. Yang sangat disayangkan, ketika para remaja exis dengan selfie saat berkendara. Ini berakibat fatas tentunya dan jangan sampai dilakukan. 

Untuk itu safety riding sangat diperlukan, tetap fokus dalam berkendara agar selamat sampai tujuan ya sahabat sudutpandang.net. Demikianlah artikel untuk hari ini. Nantikan artikel berikutnya ya teman-teman sekalian.

Baca juga : 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berkendara"

  1. Poin ke 1 dan ke 2 sangat sering sekali saya temukan pada pengemudi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas apalagi saya paling tidak suka kalau ada yang ngrokok didepan saya sambil naik motor. kan abunya itu berterbangan dan bikin sesak nafas

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.