Opini Honda Tiger tidak mempunyai top speed yang bagus, padahal kapasitas mesin 200 cc

Opini Honda Tiger tidak mempunyai top speed yang bagus, padahal kapasitas mesin 200 cc

Opini Honda Tiger tidak mempunyai top speed yang bagus, padahal kapasitas mesin 200 cc-Selamat malam para pecinta otomotif, hari ini sudutpandang.net akan membahas mengenai top speed Honda Tiger 200 cc. Ada apa dengan top speed Honda Tiger ini, yuk kita simak ulasannya diartikel ini. 

Siang ini saya sedang membuka facebook seperti biasanya. terdapat nitifikasi yang banyak sekali dari berbagai sumber, group, inbox, pesan dinding dan info-info lainnya dari beranda saya sendiri. Yang menarik perhatian adalah dimana salah satu group membahas top speed Honda tiger yang hanya mencapai 120km/jam. 

Loh segitu bukannya sudah kencang ya ?, memang si untuk orang-orang biasa apalagi yang sudah berkeluarga 120 km/jam merupakan speed yang terlalu kencang dan jarang orang lari dengan kecepatan diatas 100 km/jam. Namun bagi sebagian anak muda, 120 km/jam adalah kecepatan yang terbilang standard untuk ngebut. 

Namun masalahnya ini terletak pada motor berkapasitas 200 cc, yaitu Honda Tiger. Kebetulan saya sendiri merasa kurang untuk top speed Honda Tiger ini dibanding motor 150 cc saat ini. Bahkan saya sendiri pernah melawan Yamaha MX KIng dijalan baru Karawang, kecepatan sudah mencapai 135 km/jam namun belum bisa menyusul walau hanya ketinggalan 3 meter saja tapi gas sudah mentok. 

Hal ini membuat saya juga mengeluarkan opini atas masalah speed Honda Tiger. Memang Honda Tiger dirancang tidak untuk kecepatan melainkan kenyamanan berkendara jarak jauh. Nah untuk itu sebagai pengguna Honda Tiger juga izinkan saya mengeluarkan opini saya sendiri. Nah ini dia hal yang saya teliti dari Honda Tiger Revo saya. 


1. Mesin dengan teknologi lama

Mesin Honda Tiger sekalipun yang Revo masih menganut teknologi lama, saya pernah membaca dari pihak AHM mereka sangat berhati-hati dalam mengembangkan mesin sport turing ini. karena motor sport turing  harus tahan terhadap panas dan memiliki putaran yang halus serta memiliki tenaga yang besar untuk nanjak. Tapi walau begitu Honda Tiger meskipun memiliki cc besar, kalah teknologi dengan mesin 150 cc sekarang. Ibarat kata Samsung Grand vs Iphone 4 untuk gaming pasti menang IPhone 4, kecuali untuk nonton video Samsung Grand dengan layar yang lapang akan jauh lebih lega. 

2. Rantai dan gear dengan ukuran besar

Saya menyoroti hal yang kedua itu masalah ukuran gear yang besar, dengan perbandingan seperti itu Honda Tiger memiliki keunggulan dalam akselerasi dan saat menanjak. Sebaliknya dengan ukuran gear yang besar akan memangkas top speed. Solusinya jika ingin menambah top speed ganti gear dan rantai yang kecil. 

3. Belum service dan ganti oli

Hal ini berpengaruh sekali, mungkin saja karburator kotor, atau ada aliran bensin yang kurang lancar mengakibatkan terpangkasnya tenaga yang disemburkan. Untuk oli sebaiknya gunakan maksimal 10w40 mengingat mesin lama. Rekomend si 15w50, tapi kalau agan menginginkan Honda Tiger untuk tarikan sebaiknya gunakan 5w30. 

4. Bahan bakar yang kurang memadai

Mungkin sugesti atau tidak yang pasti saya merasakan tarikan berbeda saat menggunakan pertamax. Kemudian saya pakai Pertamax turbo dan terasa perbedaannya. Semakin tinggi oktan maka semakin sempurna pembakaran, semakin besar tenaga yang dihasilkan. Saya uji coba narik 127 km/jam pada malam hari hasilnya membutuhkan waktu yang semakin singkat dibanding pertamx biasa. 

5. Pelek palang tiga

Motor touring khas banget dengan pelek palang 3, memang sesui kebutuhan untuk perjalanan jarak jauh maka dibutuhkan pelek yang berat dan kuat. Namun jika untuk kecepatan akan sedikit lambat. Semakin banyak palang, semakin bagus untuk memecah angin. Rekomend pelek jari-jari untuk kecepatan

6. Body yang tinggi dan tidak berfairing

Honda Tiger memiliki body tinggi walau joknya rendah, serta tidak mempunyai fairing (naked bike). Hal ini akan sulit memecah angin, dan sedikit limbung. 

7. Bobot yang lumayan

Dengan berat mencapai 138 Kg saya rasa Honda Tiger memang akan sulit untuk lari, terlihat dari material yang digunakan sangat berkualitas, namun sayang pengelasannya yang kurang halus. 

Okey sementara itu dulu untuk opini dari saya, semoga para pawang macan selalu sabar dengan hal-hal yang membuat Honda Tiger anda menjadi lemot. Lakukan service berkala untuk mendapatkan tenaga yang optimal. Semoga bermanfaat, saya Saliman mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya ya. Like fans page sudutpandang.net untuk mendapatkan berbagai hal positif lainnya. 

Baca juga : 

"Pengalaman menggunakan motor Honda Tiger Revo tahun 2013 selama 3 tahun"

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Opini Honda Tiger tidak mempunyai top speed yang bagus, padahal kapasitas mesin 200 cc"

  1. Benar sekali mas, selain di atas kalo boleh saya nambahin, tiger kurang cocok buat bawa mejeng cewe.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kalau soal itu mah kelihatannya sudut pandang mas benar sekali, Honda tiger cocoknya untuk bonceng istri tercinta hahaha

      Delete
  2. Weeeh Udah mantab jiwa, saya kalau pake motor tiger kelihatan kecil hehehe

    ReplyDelete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.