Solusi Agar Blog atau Web CMS Tidak Mudah Dibobol_Tamparan Keras Untukku

Solusi Agar Blog atau Web CMS Tidak Mudah Dibobol_Tamparan Keras Untukku 

 Solusi Agar Blog atau Web CMS Tidak Mudah Dibobol-Salam mandiri sejati, bertemu kembali bersama saya Saliman. Kali ini saya akan berbagi pengalaman, namun bukan seputar dunia otomotif ya melainkan dunia blogging. Dan pastinya ini merupakan pengalaman saya yang sangat menampar hati dan mental saya sebagai seorang blogger. 

Kenapa begitu, iya begitulah ketika kita berada di zona nyaman disitulah sebenarnya musuh mengintai. Jujur saya pengguna blogger.com, awal-awalnya saya membangun blog ini juga dengan penuh semangat, siang malam tanpa henti terus belajar dari youtube dan baca-baca artikel. Karena saya malas untuk bertanya di group blogger, bukannya sombong namun ketika bertanya pasti disuruh mencari diblogger, alhasil belajar mandiri adalah pilihan terbaik dengan hanya bermodalkan internet gratis hehe

Mulai dari subdomain blogspot saya belajar dengan giatnya, cara mengatur tata letak, membuat label hingga akhirnya mengcostume domain ke IP Google, hingga jadilah sudutpandang.net ini. Tidak lama kemudian saya mempelajari adsense katanya blog dapat menghasilkan. Eh benar juga setelah 2 tahun ngeblog dapatlah sedikit uang dari blog untuk saya belikan hosting dan 2 buah domain, berharap saya menguasai wordpress maupun Joomla. 

Sepertinya sedikit-sedikit saya sudah mulai mengerti tentang wordpress dan Joomla, walau hanya sebatas cara menginstalnya saja hehe. Setelah terinstall sayapun mencoba membuat artikel untuk self hosting tersebut. Cukup lama hingga 7 artikelpun telah terbit. Dan kesalahan saya adalah menyamakan blogger dengan wordpress dimana yang saya lakukan di blogger hanya sebatas sedikit optimasi waktu menulis dan membiarkannya begitu saja. 



Karena saya begitu sibuk dengan blog utama maka wordpressnyapun dianggurin, paling seminggu sekali dibuka. Nah setelah beberapa bulan berjalan, tepatnya hari ini saya akan mengupdate viksi.us itu nama domain yang saya pakai, ternyata sudah di defacer oleh sang heker. Wah berhubung saya baru dalam dunia wordpress yah saya langsung panik, kalau-kalau merembet ke domain saya yang satunya yang kebetulan satu hosting. Akhirnya tanpa fikir panjang sayapun menghapus semua file-file yang ada di file manager cpanel

Alhasil hilang semua dweh, kesal tidak berujung normal akhirnya saya meng uninstall wordpress yang ada di viksi.us, semua artikel hilang semua. Hemmm hari ini saya terbangun dari zona nyaman, dan saya mulai belajar kembali. Setelah sedikit-sedikit membaca artikel dari blog orang, cara untuk mengatasi defacer yang ditimbulkan heker adalah masuk cpanel-file manager-hapus index.html begitu mudahnya sebenarnya. Namun karena ketidak tahuan jadi terpaksa build web ulang. 

Antisipasi lain adalah wordpress tidak bisa disamakan dengan blogger, karena selalu ada update dari wordpress entah dari segi cms wordpress sendiri maupun plugin-plugin yang kita gunakan harus elalu diupdate. Dengan kata lain main wordpress itu harus sering online untuk merawat blog kita yang menggunakan self hosting, karena wordpress butuh perhatian khusus. Dan disarankan untuk menginstall plugin Lockdown Admin, sehingga IP web kita tidak mudah terdeteksi oleh sang heker, jauh dari pada itu kita harus sering kali melakukan pembaruan kata sandi agar lebih aman. 

Solusi terakhir adalah minta bantuan kepada layanan hosting diamana anda beli, karena saya tadi sudah konfirmasi, sebenarnya itu mudah namun karena lagi-lagi saya tidak tahu dan tidak sabar akhirnya terpaksa kehilanganweb ane meski sebenarnya itu hanya web uji coba tapi sayang si karena artikelnya original. Semoga bermanfaat ya sahabat sudutpandang.net , berbagi pengalaman itu penting. Sampai jumpa, salam mandiri sejati, salam blogger Indonesia.


Baca juga: Fungsi Match Content

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Solusi Agar Blog atau Web CMS Tidak Mudah Dibobol_Tamparan Keras Untukku"

  1. Turut prihatin... btw knpa d hapus filenya dari cpanel? Sayang filenya

    Kalau deface mungkin bisa d restore saja dari cpanel/penyedia hosting, dan dari situ baru kita lakukan scan virus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya ane masih belajaran mas belum paham betul tentang cpanel dan sebagainya hehe

      Delete
  2. Sebenarnya saya sih bisa memperbaiki. Tapi berhubung Anda gak tanya secara pribadi ya gak saya ajarin, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya mas, ane gak tahu si dan bingung juga hehe tapi makasih mas anda sengguh bai sekali, sukses selalu

      Delete
  3. klo saja tahu ip hosting dan password hostingnya mungkin index.html nya bisa ditindih melalui filezilla... Mungkin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kamu baru bilang hu kirain ilmu kamu sudah luntur haha

      Delete
  4. wah turut prihatin mas bro... harusnya masih bisa dislametin tuh. kan syang dah capek2 trus dibuang begitu saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas harusnya bisa tapi belum pengalaman ya begitu hahah

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.