Cara Efektif Membuat Artikel SEO Friendly dan Apa Saja Tahapannya

Anda seorang penulis artikel online atau pemilik blog? Sangat penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara membuat artikel SEO friendly.

Yang dimaksud dengan menulis artikel SEO friendly adalah bagaimana Anda menulis sebuah artikel sesuai dengan kaidah yang ditetapkan oleh google.

Tujuannya agar posisi artikel tersebut berada pada halaman atas mesin mencari dan berujung pada peningkatan traffic pengunjung blog. Memang ada beberapa plugin yang dapat membantu Anda mengatur SEO di blog.


Namun, menggunakan plugin saja tidak cukup. Sebagai seorang penulis artikel, Anda harus tahu bagaimana menulis sebuah artikel sesuai dengan aturan yang ditetapkan google. Google memiliki aturan tersendiri untuk memeringkat artikel di halamannya. Jadi, membuat sebuah artikel dengan ulasan yang dalam saja tidak cukup jika aturan yang lainnya tidak Anda pahami.

Cara dan Tahapan Membuat Artikel SEO Friendly


Algoritme Google terbaru memperlihatkan sebuah artikel website yang bagus tidak hanya friendly dengan mesin pencari, tetapi juga bagus untuk pembaca (human).

Berikut beberapa tahapan cara membuat artikel SEO friendly yang bisa Anda praktikkan:

1. Gunakan Keyword

Gunakan keyword yang kemungkinan besar akan dipakai orang. Letakkan keyword utama pada judul artikel. Penggunaan keyword pada judul akan semakin bagus jika di awal kata. Semakin ke kiri semakin bagus, tetapi juga harus disesuaikan dengan keterbacaan yang enak dan menarik.

2. Judul yang Mengundang Klik

Dalam membuat judul terkadang kita sering kesulitan. Bila hendak membidik mesin pencari biasanya terlihat kurang human alias tidak enak dibaca. Sebaliknya jika dibuat dengan lebih luwes justru keywordnya tidak masuk. Untuk masalah ini, Anda bisa mencoba plugin all in one SEO pack atau yang sejenisnya. Plugin ini akan merewrite judul menjadi dua judul. Satu untuk mesin pencari dan satu lagi untuk human.

Baca juga: 3 Blog Indonesia yang Cocok Untuk Belajar Internet Marketing

3. Membuat Artikel In-depth Content

Istilah in-depth content diartikan sebagai artikel yang dalam pembahasannya. Dari jumlah kata biasanya lebih panjang dan banyak. Belum lama ini diketahui rata-rata artikel yang berada pada halaman pertama SERP jumlah katanya mencapai 1.890 kata. Ini bukan hanya soal jumlah kata tetapi pembahasan yang lengkap dan mendalam.

4. Link Internal dan Eksternal

Cara membuat artikel SEO friendly selanjutnya adalah dengan memanfaatkan link internal dan link eksternal. Link internal adalah link yang merujuk pada postingan artikel yang ada di blog Anda, sedangkan link eksternal merujuk pada blog lain yang Anda jadikan referensi. Link internal bertujuan untuk membantu pembaca mengeksplore tulisan lain yang ada di blog Anda sedangkan link eksternal membangun kepercayaan pembaca bahwa Anda menulis artikel dengan riset.

 5. Optimasi Gambar

Keberadaan gambar dalam sebuah artikel sangat penting untuk meningkatkan ketertarikan pembaca. Selain memilih gambar yang bagus dengan resolusi terbaik, hal lain yang perlu diperhatikan adalah memberi nama file gambar sesuai dengan focus keyword yang dipakai. All text gambar juga harus sesuai dengan focus keyword yang Anda gunakan.

6. Membuat Sudut Pandang yang Unik

Sudut pandang dalam menulis sebuah topik akan membedakan tulisan Anda dengan yang lain. Meskipun keyword yang dipakai sama, jika Anda mampu menghadirkan sudut pandang yang berbeda, tulisan Anda akan lebih friendly terhadap mesin pencari. Struktur artikel juga penting diperhatikan.

Struktur yang baik dapat memandu pembaca dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari. Dan yang tak kalah penting mengunggah postingan secara konsisten setiap hari. Bagaimana menurut Anda, tak sulit bukan cara membuat artikel SEO friendly?

Panduan tersebut membantu anda menemukan trik penulisan yang disukai google, Tapi jika Anda masih kesulitan membuat artikel SEO berkualitas, gunakan Jasa penulis artikel, saungwriter dapat membantu masalah pembuatan artikel SEO

Seiring dengan produktivitas menulis yang tinggi, aturan-aturan menulis tersebut akan dapat Anda pelajari dengan sendirinya. Selamat menikmati traffic pengunjung yang tinggi ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Efektif Membuat Artikel SEO Friendly dan Apa Saja Tahapannya"

Post a Comment

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.