Cara Aman Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan


www.sudutpandang.net_Hello sahabat setia SP. Bagaimana aktivitas kalian hari ini? Apakah aktivitas hari ini menyenangkan? Semoga aktivitas kalian selalu lancar dan menyenangkan ya guys, aamiin. Pada artikel sebelumnya kan sudah dibahas nih tentang cara belanja online, sekarang kita akan membahas tentang Cara Aman Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan. Seperti apa sih tipsnya? Yuk kita langsung aja ya guys.

  1.  Untuk yang pertama, kitra harus mencari tahu reputasi penjual terlebih dahulu. Beberapa hal yang dapat kita temukan atau cari tahu bahwa toko tersebut benar-benar ada atau cuma fiktif antara lain adalah dengan kita memastikan terlebih dahulu status toko aktif atau tidak, sampai testimoni terhadap toko tersebut banyak yang positif atau negatif, dari situ kita bisa memutuskan toko tersebut aman atau tidaknya.

  2. Yang selanjutnya yakni, cek ulasan produk tersebut. Nah setelah kita memastikan apakah toko tersebut aman, selannjutnya kita mengecek ulasan produk yang akan kita beli dari pengguna lain yang lebih dulu beli. Untuk semakin yakin bisa dilihat juga dari foto yang dicantumkan.


  3. Harga yang ditawarkan apakah masuk akal? Untuk kalian jangan mudah tergiur dengan harga yang terlalu murah, karena bisa jadi itu penipuan guys. Bisa jadi barang yang dijual bukan produk original, tapi juga jangan yang terlalu mahal. Sebaiknya cek juga di beberapa toko lain dengan produk yang sama, apakah hargannya sama? Tapi kalau hanya beda sedikit itu hal yang wajar.

  4. Sebelum membeli produk tersebut, sebaiknya kita baca terlebih dahulu deskripsi produk. Jika kalian sudah memastikan dari ketiga kategori diatas, kalian lanjut baca deskripsi dengan seksama. Pastikan nama produk, varian, spesifikasi, hingga kelengkapan yang ditawarkan sesuai. Jika merasa ada yang kurang paham bisa ditanyakan di fitur pesan.

  5. Selanjutnya kalian juga haruss mencermati syarat dan ketentuan yang berlaku. Biasanya setiap toko memiliki syarat dan ketentuan masing-masing guys, seperti masa garansi yang ditawarkan, perjanjian waktu pengembalian jika terjadi kerusakan dan lain lain.

  6. Hindari transfer langsung kepada penjual. Biasanya marketplace saat melakukan pembayaran ada pihak yang berada ditengah-tengah penjual dan pembeli. Jadi pembeli tidak membayarkan langsung ke penjual, uang akan diterima penjual setelah barang datang dengan aman. Jika ada penjual yang meminta untuk ditransfer langsung ke rekening pribadi, jangan mau ya guys. Karena bisa jadi itu penipuan.


  7. Setelah melakukan pembayaran, bukti pembayaran sebaiknya disimpan. Untuk berjaga-jaga jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan.

  8. Selain itu juga pastikan keamanan perangkat kalian. Pastikan kalian menggunakan laptop atau hp pribadi ya guys, karena jika menggunakan perangkat umum takutnya keamanan tidak terjamin.

  9. Setelah barang datang, cek paket dan hilangkan jejak data yang ada. Setelah paket datang kita harus pastikan apakah isi barang yang kita beli sesuai dengan yang kita pesan, dan pastikan juga tidak ada kerusakan pada barang yang kita beli. Jika pun ada, kalian bisa melaporkan untuk ditindak lanjuti. Biasanya saat membuka paket yang datang, kita disarankan untuk bikin video saat dibuka. Untuk menjadi bukti ada atau tidaknya kesalahan pada paket tersebut. Nah setelah beres mengecek barang, kita sebaiknya merobek atau gunting alamat dan no hp yang tertera. Untuk menghindari tindakan kejahatan.
Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa dukung juga PELENGKAP OTOMOTIF CHANNEL. Kalian bisa dukung kami dengan cara like, comment, share, and subscribe..... and SEE YOU GUYS ........

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Aman Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan"

Post a Comment

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.