Cara memanagement uang bagi karyawan pabrik

Cara memanagement uang bagi karyawan pabrik

Cara memanagement uang bagi karyawan pabrik-Sebagai karyawan pabrik tentu sangat sulit ya untuk mengatur keuangan yang baik, ada saja kebutuhan diluar dugaan yang menyebabkan uang terkuras. Untuk bayar kontrakan, makan, kencan, dan jalan-jalan bersama teman. Apalagi gajih yang kita dapatkan hanya pas-pasan ya. Tentunya hal ini membuat kita menabung sedikit bahkan sangat sulit sekali untuk menyisihkan uang walau hanya 100rb/bulan. Rasanya baru gajian sudah hilang entah kemana. Mungkin itu sedikit gambaran mengenai keuangan sang karyawan pabrik yang merantau di kota besar.

Ini ada sedikit cara agar teman-teman yang sedang merantau dapat memanagement uangnya dengan baik walau sedikit. Katnya sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, banyak kalinya haha, okey itu hanyalah sebuah bahasa motivasi untuk kita agar rajin menabung. Cara memanagement uang yang baik dengan kita mengambil contoh gajian kita Rp 4.000.000.

1. Kirimkanlah untuk orang tua Rp 1.000.000, ini merupakan hal yang wajib kita lakukan sebagai anak yang baik. Walau sedikit namun kalau rutin ini akan menjadi kebanggan bagi diri kita sendiri, apalagi orang tua kita. Saya tahu orang tua kita itu sangat baik, saking baiknya kadang tidak mau menerima uang kita. Bukan karena sedikit, namun bagi setiap orang tua melihat anaknya tumbuh menjadi orang yang berbakti dan mandiri tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri. Namun walaupun tidak mau itu bukan berarti teman-teman harus mengurungkan niatnya untuk ngasih ke orang tua. Sebisa mungkin tetep kasihkan saja, karena saya juga tahu walau tidak mau bukan berarti orang tua tidak mempunyai kebutuhan. 

2. Ambillah untuk biaya operasional diri anda sendiri senilai Rp1.200.000 selama satu bulan kedepan. Kalau tidak neko-neko pastilah cukup dengan uang segitu untuk biaya makan, detergent, pulsa dan bensin. Berhubung hidup mandiri di kota ya harus benar-benar hematlah.Dan jangan juga terlalu hemat sehingga teman-teman hanya makan mie instant saja, bisa-bisa malah sakit sehingga malah biaya yang dikeluarkan lebih besar dari pada gajih bulanan teman-teman. 

3. Karena kita tergolong makhluk sosial, maka sebisa mungkin kita membantunya apalagi dalam kondisi membutuhkan. Pisahkan uang Rp 800.000 untuk kas teman-teman. Jadi kalau ada yeng meminjam kita katakan ada namun Rp 800.000 maksimal. Yang penting kita sudah membantunya walau sedikit. Kekurangannya bisa meminjam ke yang lain. 

4. Sisa uang kita tinggal Rp 1.000.000, itulah yang kita simpan kedalam tabungan dan jangan pernah diambil, kerena itu untuk tujuan teman-teman. Misal membuat rumah, beli motor, ataupun menikah.

Mungkin pembagiannya secara seprti itu untuk untuk bulan pertama. Untuk bulan keduanya jika bulan pertama tidak ada yang meminjam uang kas kita maka untuk bulan kedua dan seterusnya anda dapat menabung Rp 1.800.000 karena uang kas masih ada. Fungsi uang kas/cadangan dapat anda gunakan dalam kondisi darurat namun jangan sampai teman-teman mengambil tabungan. Tabungan adalah uang yang sudah terkunci untuk masa depan dan digunakan untuk tujuan teman-teman atau konsidi dimana teman-teman terpaksa dan sangat terpaksa membutuhkan uang. 

Intinya uang kas selalu ada Rp 800.000 untuk cadangan teman-teman. Jika pekerjaan teman-teman menghasilkan uang tips, jangan dipakai untuk makan. Simpanlah uang tips sendiri sebagai cadangan ke 2. Jadi teman-teman kalau mau makan ya pakai uang operasional, sehingga setiap bulannya tahu berapa habis uang untuk operasional. 

Kesimpulan: Menabung itu penting tapi sehat lebih penting.Uang yang mempunyai nilai terpenting dan tidak boleh dikurangi sebagai berikut: Uang untuk Ibu dan tabungan.Untuk yang lainnya jika ingin menambah uang operasional ambilah uang dari cadangan 1 dan 2. Bahkan uang tabungan dapat ditambah dengan uang tips yang teman-teman dapatkan. 

Mungkin sedikit tips dari saya untuk memajukan diri teman-teman dalam meningkatkan kedisiplinan menabung. Karena buat apa si kerja kalau tidak dapat meanabung, mending dirumah bantu orang tua. Mandiri itu suatu kebanggan bagi kita dan orang tua. Dan menolong sesama dalam kebaikan  wajib hukumnya, sudutpandang.net mengucapkan selamat menabung :-)


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara memanagement uang bagi karyawan pabrik"

  1. cocok buat ane nih gan, soalnya ada hubungannya dengan akuntansi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kebetulan dunk mas. Nun itu sangat sederhana si hehe

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.