Abon Cabe Seafood

Abon Cabe Seafood


                Perkenalkan sahabat semua,,, kami adalah mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2012. Kami disini ingin sedikit berbagi cerita tentang usaha kami dari awal terbentuk sampai sekarang ini.

AWAL TERBENTUK

                Kami terbentuk dalam sebuah perkuliahan mata kuliah praktikum kewirausahaan. Biasa kan ya anak ekonomi identik sama yang namanya entrepreneur (ceilah).  Jadi, mahasiswa ekonomi dibentuk jiwa wirausahanya agar nantinya tuh kalo nggak jadi pegawai ya mending buka usaha sendiri malah bisa buka  lapangan pekerjaan. Awalnya, ada dua mahasiswa yang mencalonkan dirinya sebagai Presiden Direktur Student Company. Cara pemilihan anggota atau divisi berdasarkan vote dari masing-masing mahasiswa yang ingin bergabung pada Presiden Direktur. Ketika dosen pada saat itu bertanya “siapa yang ingin bergabung kepada  mbak tuti?” (re: tuti is presdir). Betapa terkejutnya hanya empat orang yang bersedia bergabung dengannya. Berbeda dengan presdir satunya, sungguh banyak yang memilih dia untuk bergabung menjadi anggota atau divisinya. Karena persyaratan terbentuknya student companya adalah harus memiliki divisi  9 sampai 10 mahasiswa, maka kita digabungkan dengan mahasiswa yang pada saat itu tidak hadir dalam perkuliahan. Kita tidak berkecil hati karena tidak banyak yang ingin  bergabung kepada kita, tapi justru kita menjadikan hal itu sebagai dorongan atau motivasi untuk lebih baik dari Student Company yang lainnya. Amin.

Lanjuuut meeting pertama, kita membahas tentang nama student company, struktur organisasi dan produk apa yang akan kita kembangkan selama perkuliahan ini.Daftar produk yang akan kita kembangkan diantaranya adalah kue cubit karena pada saat itu sedang booming di kota Yogyakarta. Kita juga mempunyai ide untuk membuat tas vintage yang terbuat dari kulit sintetis. Akan tetapi, produk tersebut sudah ada di pasaran. Kita butuh sesuatu inovasi yang berbeda. Dimana di pasaran belum ada pesaingnya.  Setelah beberapa abad berfikir (lebaaaay..) ada salah satu diantara kita yang memiliki ide untuk membuat abon cabe. Namun, abon cabe pun di pasaran juga sudah ada. Lalu, kita bertukar pendapat, bagaimana kalau abon cabe di campur dengan tuna, udang, teri dan sebangsanya. Naaaahh,,, (lampu menyala dikepala) akhirnyaa, kita menemukan jalan keluar  yaitu untuk memproduksi Abon Cabe Seafood. (Ulalaaa.. Cetaaarr.. Badaaai...) . Abon cabe seafood ini bukan hanya sekedar rasa lhoo tapi bener-bener ada campuran seafoodnya. Sueeerr deh..

Berdasarkan konferensi yang telah disepakati (duh) kita telah sepakat memberi nama “n’Doweers Student Company” .  Kita memeberi nama n’Doweers SC karena menggambarkan bentuk reaksi konsumen ketika mengonsumsi produk dari kami. Karena produk kami mempunyai cita rasa pedas yang akan membuat bibir konsumen doweeerr.Dengan nama yang telah disepakati diharapkan konsumen mudah untuk mengingat kita sekaligus produk kita (yuhuu).

Laluuu, setelah rapat meja bundar selesai, terbentuklah struktur organisasi dari “n’Doweers Student Company”yaitu

1.       Presiden Direktur : Tuti Alawiyah
2.       Human Resources Development (HRD) : Inna Rafika N. dan Sugeng Tri W.
3.       Production : Yunanda Wisma N. dan Kiki Winaryo
4.       Marketing : Khaerul Mahesa dan Meilina Isnaini R.
5.       Finance : Erni Kurnia Lestari
6.       Public Relation (PR) : Maria Elisabhet Ika dan Khatarina Y. Sagulu




Nahh, disini lah keluarga baru kami, kita nggak ada kata ja’im ataupun malu untuk cerita apapun. Jika ada masalah pribadi maupun kelompok kita bisa langsung share rame-rame. Kita bisa menjadi diri kita sendiri. Hanya ada canda tawa yang mewarnai keluarga n’Doweers SC (peluk cium buat kalian gaess) dan semoga kami bisa menjalankan amanah ini dengan baik.Amin

LAUNCHING PRODUK
 Pada pertengahan bulan Maret 2015 n’Doweers SC mengadakan Launching Produk Abon Cabe Seafood dengan dihadiri dosen pembimbing praktikum Kewirausahaan yaitu Bapak Tejo Nurseto, M.Pd dan sejumlah mahasiswa dari jurusan pendidikan ekonomi. Kita mempresentasikan bisnis plan abon cabe seafood mulai dari deskripsi nama, logo, cara produksi, pemasaran, target dan laba semua di kupas tuntas karena kita tidak ingin ada yang ditutup-tutupi (hmm tepuk tangaaan … ). Setelah Presentasi bisnis plan selesai, kita menawarkan kepada sejumlah mahasiswa yang ingin menanam saham di n’Doweers SC. Oh iya, harga per lembar saham adalah Rp.10.000,- . 

Kita membuka 20 saham untuk modal eksternal, dan dalam waktu beberapa menit saja, saham tersebut habis terjual (prook..proook..prook..). Semangat kami bertambah ketika dosen kami berkataini akan menjadi awal kesuksesan kalian jika kalian menekuni bidang ini dan tidak hanya diperkuliahan praktikum kewirausahaan saja akan tetapi berlanjut setelah lulus nanti.”

                Pada saat launching kita menyuguhkan tester abon cabe seafood untuk pembimbing dan mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut. Komentar saran dan kritik yang diberikan sangat membantu kami dalam memperbaiki produk kami. Thankyou gaeees :*

                Setelah launching usai, kita mulai produksi abon cabe seafood dengan variasi tuna, udang dan teri sebesar 5kg cabe. Kita memasarkan atau menjual lewat social media seperti facebook, twitter dan instagram. Tak lupa juga kita menjual kepada teman-teman kos, teman kuliah, keluarga, tetangga etc. Respon baik datang dari konsumen yang telah mencoba produk kami, akan tetapi tak sedikit masyarakat yang ngehujatproduk kami karena belum tau kedahsyatan pedasnya (nah loh !). Okee, kami tak menyerah disitu saja, sekali lagi justru itu yang membuat kami bangkit dan selalu memperbaiki kekurangan kami. (eyaaa,,). Hari demi hari kita menjual produk abon cabe seafood ini dan Alhamdulillah selalu habis terjual. Rasa penasaran konsumen terhadap produk kami sangatlah besar, karena memang di pasaran belum ada produk semacam ini (yang benar-benar isinya seafood loh… bukan sekedar rasa).

GELAR PRODUK
                Pada tanggal 20-21 April 2015 lalu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan kegiatan gelar produk untuk mahasiswa UNY dan juga gelar produk untuk masyarakat umum. Di samping kegiatan gelar produk juga ada kegiatan Seminar Nasional. Sekitar 50 stand student company se-UNY berdiri. Pada saat Technical Meeting minggu sore dijelaskan bahwa akan ada juara 1,2 dan 3 yang hadiahnya itu sangatlah besar. Dalam hati kecil kita, pastinya kita berharap menjadi Juaranya.Minggu malemnya kita bingung untuk mempersiapkan mau didesain seperti apa stand ini. Alhasil, stand kami didesain secara sederhana dan seadanya.Tidak seperti stand lainnya yang di desain mewah dan waoow. Kami yakin itu menghabiskan banyak biaya untuk mendirikan stand semacam itu. Selama gelar produk berlangsung dua hari kami selalu menawarkan produk kami kepada orang-orang yang berkunjung ke LPPM entah itu dosen, karyawan, mahasiswa sesama teman antar stand. Kita bersikap ramah kepada konsumen agar konsumen tertarik kepada kami dan mau berkunjung stand kami seperti ini gayanya “Mariii kakaaak mampir ke stand kami,, abon cabe seafoodnya ada testernya loh kakaaak,, praktis dibawa kemana-mana…” hehehee…

                Di penghujung acara gelar produk saatnya juri mengumumkan siapa yang bakal jadi Juara I,2 dan 3. Sebelumya, telah diumumkan bahwa n’Doweers SC meraih juara 3 dalam lomba spontanitas (Kereeeen kakaak..). Dan ternyata dan tak disangkaaaaa (jreeng..jreng.. jreeng..) n’Doweers SC juga meraih juara 3 dalam acara gelar produk. Awalnya kami semua cuma terdiam juri ngumumin , tapi kami semua langsung naik ke atas panggung untuk menerima hadiahnya. Tak bisa diungkapkan dengan kata-kata, speechless laah pokoknya. Nominalnya ngga usah disebutin ya, yang jelas hadiah ini untuk ngembangun usaha kami. Kami sangat bersyukur kepada Tuhan YME karena telah memberikan kesempatan kepada n’Doweers SC untuk berusaha lebih baik lagi dalam mengembangkan usaha kami.

                Ke depannya, jika  lulus nanti kami berniat untuk mengembangkan bisnis ini dan memperluas jaringan pemasaran kami hingga ke kancah Internasional. Amin ….

Jika kalian ingin memesan produk abon cabe seafood bisa langsung hubungi :
ü  Atau check facebook/twitter/instagram : aboncabeseafood
Yaaah sekilas itu tentang perjalanan kami dalam mendirikan sebuah usaha ini, memang untuk mencapai kesuksesan itu tidak dilakukan secara instan, akan tetapi pasti ada bebatuan yang akan menghadang kita. Nah, tinggal bagaimana kita menyikapinya.

-n’doweers SC-

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Danang : 085729186754 selaku marketing Abon Cabe Seafood.

Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Abon Cabe Seafood"

  1. Wah pasti enak yah... sungguh kreatif gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya sepertinya bgtu,ane juga mau mesen klhtnya hehe

      Delete
  2. wah enak tuh apalagi habis ini bulan puasa

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. hahaha thank you atas kedatangannya ya

      Delete
  4. Inovasi baru nih kayanya perlu dikembangkan dan pasti rasanya enak banget yach...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emm sepertinya begitu ya gan, saya juga agak penasaran ni

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.