Pengertian Tentang Otot Lurik, Ciri – Ciri Berserta Cara Kerja Otot Lurik-

Pengertian Tentang Otot Lurik, Ciri – Ciri Berserta Cara Kerja Otot Lurik-


Pengertian Tentang Otot Lurik, Ciri – Ciri Berserta Cara Kerja Otot Lurik-Di dalam tubuh manusia pasti terdapat otot yang di gunakan untuk menggerakkan tubuh manusia. Mustahil dalam tubuh manusia tidak terdapat otot – otot sebagai penggerak tubuhnya. Namun dalam tubuh manusia tidak hanya ada satu otot saja. Melainkan dalam tubuh manusia mempunyai beberapa macam otot yang mempunyai fungsi berbeda – beda serta mempunyai cara kerja yang berbeda pula. Maka dari itu penting bagi kalian untuk mengetahui otot yang ada dalam diri kalian supaya dapat mengetahui bagaimana cara kerja dan merawat otot tersebut.

Otot sendiri merupakan suatu jaringan yang ada di dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menggerakkan secara aktif untuk menggerakkan tulang – tulang dalam diri manusia sehingga manusia mampu menggerakkan tubuhnya dengan mudah dan tanpa merasakan sakit. Di dalam tubuh manusia terbagi menjadi tiga otot yang di antaranya Otot Lurik, otot polos dan otot jantung. Dari ketiga otot tersebut mempunyai cara kerja dan fungsi yang berbeda dalam tubuh manusia. Sehingga penting sekali bagi kalian mengetahui pentingnya otot yang ada di dalam tubuh kalian.

Dari maka itu di sini penulis ingin memberikan penjelasan tentang apa itu pengertian otot lurik, ciri – ciri otot lurik serta cara kerja dari otot lurik sendiri. Bagi kalian yang penasaran dan ingin mengetahui apa itu otot lurik. Artikel ini cocok untuk di baca bagi kalian. Karena pada artikel ini akan mengulas semuanya tentang Otot Lurik yang bisa memberikan pemahaman kepada kalian. Serta membuat kalian mengetahui kekuatan dan kekurangan dari otot lurik sendiri.

Pentingnya Memahami Apa Itu Otot Lurik, Ciri – Ciri Otot Lurik Seta Cara Kerjanya

Pengertian Otot Lurik

Pengertian otot lurik itu sendiri merupakan otot – otot yang dalam diri manusia yang menempel pada kerangka tubuh manusia dimana otot ini bisa di gerakkan dengan mudah sesuai dengan kehendak tubuh kalian. Selain itu Otot Lurik ini juga merupakan sebuah otot yang di gerakkan dengan kondisi secara sadar dimana di sebut juga otot motorik. Kebanyakan orang menyebut otot lurik ini adalah otot kerangka yang ada di dalam tubuh manusia dimana otot lurik ini mampu bekerja keras dan kuat dalam tubuh manusia untuk menggerakkan tulang. Mengapa otot lurik ini mampu menggerakkan tulang dalam tubuh manusia? Karena otot lurik ini mempunyai banyak terdapat inti sel yang mampu untuk bekerja kerasa dalam menggerakkan tulang – tulang dalam diri manusia.

Otot Lurik ini juga cenderung mudah lelah. Dimana otot lurik ini juga membutuhkan waktu untuk istirahat setelah bekerja untuk menggerakkan tulang – tulang yang dalam diri manusia. Jika melihat otot lurik menggunakan mikroskop akan menunjukkan bagian aktin atau gelap serta bagian terang secara bergantian sesuai dengan aktivitas yang di lakukan oleh manusia. Dengan begitu juga harus memberikan waktu untuk istirahat pada otot lurik. Ketika otot lurik ini mengalami kelelahan maka akan berpengaruh pula pada tubuh kalian.

Ciri-Ciri Otot Lurik

Selain itu Otot Lurik ini juga mempunyai ciri – ciri yang membedakan dengan otot yang lainnya yang ada dalam tubuh manusia. Biasanya otot ini mempunyai bentuk jaringan otot yang tersusun dengan rapi serta mempunyai serabut yang mempunyai jumlah ribuan. Selain itu otot lurik ini juga membentuk silindris, mempunyai banyak inti sel dan tubuh panjang. Otot lurik ini juga mempunyai sistem yang digerakkan dari bawah sadar atau volunter serta mempunyai diemaeter sekitar 50 mikron dan panjang 2,5 cm. Disisi lain otot lurik ini juga mempunyai waktu untuk istirahat ketika sudah melakukan aktivitas untuk menggerakan tubuh manusia dan mempunyai kecepatan yang baik dalam berkerut atau berkontraksi.

Sistem Kerja Otot Lurik Dan Fungsinya

Otot Lurik ini mempunyai sitem kerja otot yang berbeda dengan otot yang lainnya. Otot lurik ini mempunyai sistem kerja pada seluruh tubuh manusia dimana bekerja dengan cara berkontraksi dan relaksasi. Kontraksi itu dilakukan ketika akan melakukan gerakan yang membutuhkan kekuatan dan kerja lebih keras seperti halnya seseorang akan naik tangga dengan menggunakan kaki atau berlari. Sedangkan reklasasi ini akan digunakan oleh otot lurik sesudah melakukan aktivitas yang berat dengan cara melenturkan tubuh bagian tubuhnya manusia seperti melakukan peregangan tubuh yang dilakukan oleh manusia.

Hal itu di lakukan untuk menghindari kram pada tubuh atau tekanan serta memberikan waktu untuk istirahat pada Otot Lurik setelah selesai beraktivitas berat. Karena pada saat manusia selesai melakukan aktivitas yang berat membutuhkan istirahat untuk mengembalikan kekuatan serta terhindar dari kram atau mengalami kelelahan yang bisa mempengarhui pada fungsi tubuh yang lain. Semua fungsi gerak yang ada dalam diri manusia dikendalikan olek bagian otak dimana untuk mengatur syarat pusat untuk mengelolah perintah dari manusia. Setelah itu akan merespon secara cepat dan meminta otot bagian tubuh untuk bergerak menghendaki sesuai keinginan dari manusia. Semua cara kerja yang dilakukan itu berada pada titik kesadaran atau dikendalikan secara langsung oleh manusia.

Dapat di tarik kesimpulan bahwa Otot Lurik ini mempunyai fungsi untuk menggerakkan kerangka tubuh manusia. Dengan adanya hal itu manusia mampu untuk menggerakkan tubuh sesuai dengan kehendak atau sesuai dengan aktifitas yang sedang di lakukan. serta mampu membantu manusia untuk melakukan aktivitas yang berat atau keras. Otot lurik sangat berperan penting dalam menggerakkan tubuh manusia dari maka itu penting untuk menjaga otot yang satu ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Tentang Otot Lurik, Ciri – Ciri Berserta Cara Kerja Otot Lurik-"

Post a comment

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.