6 hal penting yang harus dipertimbangkan ketika hendak membeli smart phone

6 hal penting yang harus dipertimbangkan  ketika hendak membeli smart phone

6 hal penting yang harus dipertimbangkan  ketika hendak membeli smart phone -Bicara handphone pasti admin nyesek dweh ya, soalnya handphone sedang rusak. Huhuhu tapi tidak mengapa ntar kalau sudah ada uang beli lagi lah hehe. Tapi sobat walau tidak punya handphone admin akan selalu memberikan tips-tips seputar handphone. Emmm namun diera sekarang ini nampaknya kurang nikmat kalau disebut sebagai handphone, mungkin lebih nikmat kalau kita sebut smart phone/ponsel pntar.

Maka itu sebelum teman-teman membeli sebuah ponsel harus dipastikan mempunyai target dulu. Kita harus pengetahui dan menargetkan ponsel apa yang hendak kita beli, apakah Iphone, Samsung, Sony atau Nokia dan masih banyak lagi tentunya. Yang lebih penting memang kita harus membeli ponsel yang sesui kebutuhan dan pastinya sesuai dengan kantong kita ya hehhee. Kerena selain menyangkut fitur juga menyangkut bugdet, harus selektif pastinya.

Ini dia 6 hal penting yang harus dipertimbangkan  ketika hendak membeli smart phone , diantaranya :

1. RAM 

Sebaiknya teman-teman memilih smart phone dengan Ram besar, karena RAM berfungsi untuk melakukan dan menjalankan berbagai macam aplikasi dan game dalam waktu bersamaan/multitasking/kerja dibawah system. Dengan RAM yang besar tentunya sebuah smart phone  akan lebih leluasa utuk melakukan multitasking dan tidak lemot pastinya atau bahkan hang/crush.

2. CPU

Ram bukalah satu-satunya pendukung kecepatan dalam sebuah smart phone, namun kecepatan loading sebagian besar dipengaruhi oleh kemampuan CPU. Saya merekomendasikan memilih smart phone  dengan CPU yang baik. Lantas apa saja yang dinilai untuk memilih CPU yang baik. Dalam penilaian CPU yang baik dengan berdasarkan clock speed dan jumlah corenya. Semakin tinggi core maka akan semakin kencang sebuah loading, namun untuk mempercepat multi tasking dan mengimbangi RAM yang besar maka diperlukan core yang banyak. Untuk saat ini jumlah core pada smart phone  adalah 8 inti yang dikenal sebagai Octa-Core. Dan dibawahnya ada 6 Core dengan sebutan Hexa-Core, 4 inti dengan nama Quad-Core, 2 Inti dengan sebutan Dual-Core dan yang terendah adalah 1 inti yaitu single-core. Sedangkan untuk clock speednya kisaran 1.2 Ghz-2.7 Ghz tergantung merk CPU juga. Untuk merk CPU ada Exynos dari Samsung, Snapdragon dari Qualcomm, Kirin dari Huawai dan MTK serta masih banyak lagi si. Untuk Apple biasanya menggunakan beberapa Proscessor dari vendor lain, salah satunya adalah Samsung.

3. Layar 

Kemampuan layar yang mengagumkan adalah sebuah keharusan untuk sebuah smart phone, apalagi ditahun 2016 ini yang notabenya dunia gadget semakin maju. LCD lama mulai ditinggalkan, bahkan resolusi lama pun sudah tidak digunakan lagi. Untuk saat ini kebnyakan vendor smart phone  menggunakan resolusi  high definition (HD). Sedangkan untuk saat ini teknologi layar smart phone  semakin berkembang menyentuh Full HD diatas HD biasa. Diatasnya lagi terdapat 2k dan 4k. Untuk penggunaan layar 4K sekarang ini masih sedikit smart phone yang memakainya. Ini adalah contoh smart phone menggunakan layar resolusi Paling tinggi saat ini 4k yaitu Sony Xperia Z5 Premium dengan bandrol diatas 10Jt. Kembali pentingnya jenis layar dan resolusinya tak lain untuk memanjakan mata ketika menggunakan smart phone. Selain gambar terlihat terang, kedetailan gambar pun akan menambah indah untuk dipandang. Kehalusan gambar juga akan dimiliki smart phone  beresolusi tinggi. Serta kenaturalan sebuah gambar yang mirip aslinya dengan smart phone yang memiliki LCD terbaik. Disamping itu teman-teman dapat memilih smart phone  dengan Super Amoled LCD ataupun IPS LCD. Karena LCD itu memiliki sudut pandang yang luas, serta kecerahan yang seimbang ketika bermain smart phone dibawah terik matahari

4. GPU 

Sebagai kawula muda yang sedang gaul pisan, tentunya tidak melewatkan waktu luang untuk bermain game kesukaan bukan. Jika teman-teman ingin memainkan game lewat smart phone dan ingin memiliki grafis setara dengan PS ataupun PC maka diperlukan smart phone  dengan GPU tinggi. Contoh smart phone  dengan GPU tinggi tentunya smart phone dengan harga mahal. namun saya akan memberikan rekomendasi untuk merk GPU, ada MAlI, Adreno dan Power VR tinggal pilih saja untuk tipe teratasnya. FUngsi GPU sendiri sejatinya untuk mengolah berbagai grafik game dan aplikasi mulai dari tang terendah sampai yang tertinggi. Jika GPU yang digunakan smart phone tidak sesuai dengan kualitas game yang dimainkan, akan membuat game berjalan dengan patah-patah gak smooth dan lebih parahnya smart phone  akan restart karena tidak kuat. 

5. Kamera

smart phone tanpa kamera rasanya kurang lengkap ya, oleh karena itu saya akan merekomendasikan beberapa ciri-ciri smart phone  dengan kamera terbaik. Salah satunya smart phone harus memiliki optic yang mendukung, contoh Carzeis Optic pada seri lumia kelas atas atau dengan sensor buatan Sony. Jangan lupa fitur Autofocus juga harus ada dalam sebuah smart phone beserta LED Flashnya ataupun Zenon Flash untuk pengambilan gambar pada malam hari serta kondisi obyek yang minim cahaya. Besarnya modul yang harus diperhatikan juga ngaruh pada kejelasan gambar. Saat ini resolusi tertinggi masih dipegang lunia dengan resolusi 41 MP. Namun jangan hanya terpaku pada besarnya pixel yang dibawanya ketika memilih sebuah camera phone. Lebih penting teknologi yang dibawanya seperti OIS dan ISO serta sensor lain. Ini yang akan membuat hasil foto sangat natural dan jelas, serta saturasi warnanya sempurna.

6. OS (Operating System)

smart phone dengan OS terbaru juga akan menambah dukungan aplikasi yang dapat terinstal. Selain itu kemungkinan dalam mendapatkan update OS cepat dan mendukung. Berjalannya alikasi semakin gesit dan biasanya memiliki tampilan baru. Ini adalah beberapa OS yang mungkin teman-teman semua tertarik untuk mencobanya. IOS, Android, BB, Ubuntu, Windows, Tizen, Facebook, Fire fork dan masih banyak lagi.
Itulah yang terpenting dalam sebuah smart phone, apalagi kelas atas dan harganya mahal wjib harus memiliki itu semua dengan tipe tinggi. 

Nah jika bugdet teman-teman semua pas-pasan dikisaran 2.5jt-3.2jt maka saya rekomendasikan smart phone dengan data sebagai berikut:
  • RAM : 2Gb up
  • CPU : Octa-Core 1.7 Ghz Snapdragon 615 up
  • GPU : Adreno 306 up/Mali-Mp450MP2 up/Power VR G600 up
  • Layar : Full HD 1080x1920 up
  • Kamera : 13 MP with dual LED & Autofacus up
  • OS : Android 5.0
  • Android Merk : Samsung, Sony, LG, Xiomi, Meizu, Huawei, Lenovo, Asus, ZTE
  • Merk dengan OS lain : Apple, BB, Microsoft 

Itulah 6 hal penting yang harus dipertimbangkan  ketika hendak membeli smart phone. Semoga bermanfaat untuk dipelajari dan semoga mendapatkan smart phone idaman. Ikuti selalu sudutpandang.net karena ada info ataupun karya sastra lainnya. Jangan lupa like fans page sudut pandang untuk memperoleh update secara berkala dan Automatis. Terima kasih.





Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "6 hal penting yang harus dipertimbangkan ketika hendak membeli smart phone "

  1. Iya, mantap sob, sebelum membeli smartphone hendaknya selalu mempertimbangkan hal-hal penting dengan uang kita tentunya ya, jadi selain mendapatkan kepuasan dan belajar juga untuk berhemat dalam penggunaan uang.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iYa sob apalagi membeli handphone canggih dengan fitur tinggi tapi dengan uang sendiri berasa the best hehe

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.