Cara yang baik untuk lolos dalam wawancara kerja

Cara yang baik untuk lolos dalam wawancara kerja

Cara yang baik untuk lolos dalam wawancara kerja-Selamat datang di sudutpandang.net blog tempatnya orang-orang yang mempunyai wawasan luas. Hari saya akan membuat artikel yang dipesan dari teman saya. Teman-teman yang mungkin ingin mendaftar kerja, ini adalah moment yang tepat. 

Setelah lulus sekolah bagi yang ingin bekerja silahkan, dan bagi yang ingin meneruskan itu hal yang baik. Tapi saya disini akan membahas yang ingin mencari kerja untuk suatu kepentingan. Entah untuk menjadi lebih mandiri atau memang terdesak dengan kebutuhan ekonomi sehingga memilih bekerja untuk membantu orang tuanya. 

Sepanjang pengalaman saya mencari kerja itu penuh perjuangan, bahkan saya sendiri pernah bersama teman saya Agus namanya, berdua ikut sebuah tes kerja, Cikarang tepatnya dan gagal. Kami berdua berjalan seperti di Teve-teve menawarkan ijasah kami kepada beberapa PT namun ditolak. Yang lebih berani, kami langsung menanyakan kepada setiap satpam perusahaan, ada lowongan atau tidak hingga beberapa perusahaan tidak ada juga yang menyediakan lowongan. 

Dan kebetutan kami belum memiliki kendaraan sendiri, hingga terpaksa berjalan kaki untuk mengelilingi sebuah kawasan. Dan ingat betul, kami berdua berteduh dirumah mobil pemadam kebakaran, karena waktu itu hujan sangat deras sekali. Ya si, ada cewek lumayan cantik juga yang berteduh didekat kami, sehingga mengurangi rasa capek, walau akhirnya pergi duluan dijemput ayahnya. 

Peristiwa itu tidak dapat kami lupakan, karena itu sangat berarti bagi kami untuk memotivasi diri sendiri agar terus berjuang melanjutkan hidup dengan mandiri. 

Nah itu hanya sepenggal cerita, tentunya masih jauh lebih banyak pengalaman orang-orang yang pernah mencari pekerjaan, dan itutidak mudah. Anda takut bersaing, berarti anda tidak cocok untuk membaca artikel ini, namun anda suka sekali bersaing , jangankan membaca artikel ini, bahkan sukses pasti anda miliki. 

Nah kemudian kita lanjut ke tahap-tahap yang harus anda ketahui dalam mencari kerja. Untuk yang pertama, anda membuat dokumen lamaran seperti : SKCK, kartu kuning, KTP, Ijazah, lembar nilai, surat lamaran, daftar riwayat hidup, piagam kalau ada dan foto diri anda. Tentunya bukan yang asli, melainkan sudah difoto copy. Kalaupun ada yang membutuhkan ijazah asli, itu setelah anda diterima disebuah perusahaan dan terjalin kontrak kerja.

Setelah proses tersebut selesai, maka kirimkanlah dokumen tersebut ke beberapa alamat perusahaan yang anda inginkan melalui kantor pos atau bisa juga melalui E-mail, tergantung fasilitas yang mendukung perusahaan tersebut. 

Kemudian ketika anda telah mengalami yang namanya panggilan, itu waktunya ada mempersiapkan diri, karena anda harus bersiap-siap untuk berhadapan dengan orang banyak tapi bukan untuk tawuran ya, tapi untuk melakukan sebuah tes-tes standard masuk kerja, meliputi : tes pengetahuan umum, tes materi sekolah, tes seberapa kreatifkah anda dan tes sesi wawancara sebelum anda melakukan tes kesehatan. 


Kemudian ada beberapa teman yang menanyakan, bagaimana si menghadapi sesi wawancara yang sifatnya tidak terduga. Ya disesi ini memang akan terlihat sosok kita sebenarnya, karena memang tidak ada yang pasti untuk hal ini karena biasanya pertanyaan yang ada aneh-aneh, kecuali anda memang mempunyai sesuatu kelebihan tersendiri. 

Tidak pasti bukan berarti tidak dapat dipelajari selah-selahnya. Bagi anda yang ingin lolos disesi wawancara, tentu harus mempelajari hal-hal berikut. Yang pertama, rilex, dengan bersikap santai penuh percaya diri, dan menyapa yang mewawancarai dengan senyuman ringan itu akan membuat pihak pewawancara tersebut jatuh cinta pada pandangan peratama. 

Dengan begitu anda sudah pasti akan mengendalikan suasana, permainan ada dalam genggaman kita. Tetap rilex penuh percaya diri, karena yang mewawancarai kita pastinya bukan orang sembarangan. Dia tahu betul keadaan kita seperti apa hanya melihat raut muka kita, grogi atau tidak percaya diri pasti terlihat dengan mudah. 

Rilex memang akan melancarkan otak kita untuk berfikir. Contoh saja, ada pertanyaan "fanta dengan bir enak mana ?", kalau kita sudah tidak tenang, pasti jawabannya tentu saja fanta dong, iya kan. 

Ya memang fantalah, tidak mungkin saya harus pilih bir. Bukan begitu juga sahabat, itu adalah pertanyaan yang mengecoh dan mengelabui kita, namanya juga tes kejujuran dan kecerdasan. Karena walau kalian menjawab fanta dengan dalil yang benar tentunya tapi perusahaan memiliki sudut pandang yang berbeda.

Ketika anda memilih salah satu dari hal tersebut, misal fanta, tentu perusahaan akan menilai anda sudah pernah mencoba bir sehingga sudah dapat membandingkannya. Walau anda mengelak, perusahaan kemudian membenarkan jawabannya atas fanta, tetap saja anda tidak akan di loloskan. Karena perusahaan akan memandang ada biasa-biasa saja tidak dapat berfikir kreatif dan mana mungkin bisa memajukan sebuah perusahaan. 

Lantas apa jawabannya, "tidak tahu karena saya belum pernah mencoba bir, sehingga saya tidak dapat membandingkannya", terdengar bodoh tapi disinilah letak kegeniusan anda, dimana anda akan berbicara sesuatu dan mengeluarkan pendapat berdasarkan data yang ada. Tidak mungkin anda berkata barang yang ini lebih baik, ketika anda belum mencoba kedua produk itu. 

Mungkin tidak ada spesial untuk artikel kali ini, karena memang sebuah wawancara itu tidak dapat ditebak, Namun dengan membaca artikel ini kalian akan berfikir kembali untuk menyiapkan diri anda dengan cara mencari tahu dan selalu ingin tahu, untuk menambah wawasan dihidup ini. 

Selalu mendengarkan pengalaman orang lain, selalu mempelajari kesalahan orang lain agar tidak terulang kembali terhadap diri kita. Banyak membaca itulah cara termudah untuk melawan inginnya perusahaan, ketika kita lebih pintar, bukan kita yang mencari perusahaan, tapi perusahaan yang mencari kita dan menanyakan, mau gaji berapa ?

Semoga termotivasi, semoga berguna, dan semoga tidak bosan untuk berkunjung ke sudutpandang.net. Saya Saliman, mengucapkan banyak terima kasih kepada penyumbang tema dan pengunjung setia, terima kasih. 









Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara yang baik untuk lolos dalam wawancara kerja"

  1. Wah bs bwt referensi saya ini thx yah gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, semoga cepat diterima karja, kalau belum ada kerjaan dan semoga semakin sukses dalam bekerja kalau memang sudah emempunyai pekerjaan amin

      Delete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.