Ilmu ladang pahala dan ladang rizki

Ilmu ladang pahala dan ladang rizki

Emmm bicara masalah ilmu tentunya taramat luas,mulai dari ilmu agama, kesehatan, teknologi, budaya, dan lain sebagainya. 

Pada waktu SMP dulu,  teringat perkataan guru saya. Dengan ilmu kita akan selamat didunia dan akherat. Walau beda dunia, namun ilmu sangat dibutuhkan keduanya. Tanpa ilmu seseorang akan menjadi mati, mati hati hati otak dan fikiran. Tanpa sadar kita akan menjadi zombie yang selalu berjalan tanpa arah tujuan. 

Tidak diragukan lagi ilmu memang ladangnya rizki dan pahala. Yang mempunyai ilmu akan agama yang lebih pasti dia mampu berdakwah dan menyebarkan kebaikan, tentunya pahala yang didapat. Kemudian bagi yang memiliki ilmu dunia, misal kesehatan, mungkin dia akan menjadi dokter untuk mengobati pasien yang sakit. Kemudian dokter tersebut akan mendapatkan uang serta pahala. 

Dengan begitu ketika kita berilmu, semua akan terasa mudah untuk dijalani, karena kita mengetahui dasar-dasarnya. Sukses juga butuh dasar-dasarnya, yaitu kita harus tahu ilmu sukses seperti apa. Ketika kita membangun sebuah usaha, dan katakanlah kita sukses, pastinya kita akan dengan bangganya memuji diri ini dan bersyukur kepadaNYA. Namun ketika hasil usaha kita roboh, misal terkena bencana, pastinya kita tidak akan mudah putus asa karena tahu dasar-dasarnya dari pada ilmu untuk sukses tersebut, sehingga kita dapat membangunnya kembali. 

Dari sepenggal contoh diatas, maka pepatah juga mengatakan, "tuntutlah ilmu walau sampai kenegri China". 

Itu artinya ilmu tidak akan pernah habis, karena memang tidak ada habisnya. Kalau ilmu habis, lautanpun akan kering dan kehidupanpun berakhir. Kita adalah manusia yang tak sempurna, tempatnya salah dan kilaf. namun dengan terus belajar, semakin hari kita akan semakin lebih baik. Pastinya yakinkalah dalam hati, semakin hari kehidupan seseorang akan semakin baik dan semakin bahagia, oleh karena itu selama kita hidup wajib untuk belajar. 


by Nurul Aziz

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ilmu ladang pahala dan ladang rizki"

Post a comment

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.