Lulus ujian, tidak mau/dapat melanjutkan kuliah, minimal kalian harus punya ini...

Lulus ujian, tidak mau/dapat melanjutkan kuliah, minimal kalian harus punya ini...

Selamat pagi teman-teman...

Rupanya pagi ini saya kurang begitu semangat sekali, karena saya tidak bisa tidur juga si. Hemmm mungkin karena hari ini mau ada kegiatan konvoi kerjaan, jadi kalau tidur takut kesiangan. Konvoi dimulai pukul 06.00 wib, kalau sampai telat bisa kena denda Rp 100.000, lumayan itu bisa buat makan 2 hari. 

Iya karena saya tinggal dikota jadi boros sekali, untuk makan saja hampir 1,5 jt sendiri perbulannya. Inilah hidup anak rantau tentunya sangat tidak mengenakan seperti halnya dirumah. Makanya sebisa mungkin jangan jadi anak rantau, lebih baik kelola kampungmu sendiri sebelum orang lain yang mengelolanya. Artinya jangan takut untuk membangun usaha dikampung sendiri, kalau tidak mau warga kampung sebelah mendirikan usaha dikampung anda. Bisa dibayangkan, betapa sakitnya menjadi keryawan dikampung sendiri. 

Saya yakin anak yang baru lulus sekolah (SMA/SMK), kalau tidak ada dana pastinya tidak melanjutkan kependidikan yang lebih tinggi (kuliah), dan bagi yang kuliah bersyukurlah karena diberi kesempatan belajar dengan guru kembali. Namun bagi yang tidak kuliah bisa belajar mandiri.
Ini khusus bagi mereka yang tidak bisa/tidak mau melanjutkan kebangku kuliah pastinya akan bekerja tentunya. Hal itu memang sudah menjadi budaya, terutama didesaku sendiri. Maknya saya juga termasuk kedalam golongan yang tidak kuliah. Sebenarnya bukan tidak ada baiaya, namun saya ingin menjadi wirausaha muda. 

Owh iya, sebenarnya orang yang tidak melanjutkan kebangku kuliah dan memilih bekerja juga mempunyai perbedaan alasan. Ini adalah berbagai macam alasan yang ada, diluar masalah biaya tentunya.


  1. Bekerja, karena bingung mau ngapain lagi dirumah dari pada nganggur
  2. Bekerja, karena ingin mendapatkan uang sendiri dan membeli apa yang disukai dengan uang     sendiri
  3.  Bekerja, karena ingin mengumpulkan uang untuk membangun aset/bisnis


Dari ketiga alasan tersebut sebenarnya saya masuk dalam kategori yang ke 3, namun sayangnya hingga sampai saat ini masih belum bisa membangun aset-aset juga. Kadang disitu saya merasa sedih, sedih beneran bukan main-main. Dan terkadang saya merasa kalah dengan mereka. Bukan mereka yang punya handphone bagus, motor bagus, bahkan mobil bagus, bukan itu. Tapi saya kadang merasa iri dengan orang yang mempunyai usaha sendiri, terutama seumuran atau bahkan umurnya dibawah saya.

Tapi saya sadari, orang yang mempunyai jiwa sukses itu tidak boleh iri, jadikan kesuksesan orang lain sebagai cambuk yang akan memotivasi kita untuk selalu bersemangat dan sabar tentunya, tidak mudah menyerah. 

Dan saya rasa kesimpulannya, kalian yang baru lulus sekolah jika memang tidak mau kuliah/tidak bisa kuliah, harus mempunyai jiwa bisnis dan wirausaha agar kalian tidak menjadi karyawan didesa sendiri nantinya. Minimal teman-teman semua yang baru lulus tentunya mempunyai niat kerja karena ingin mengumpulkan uang untuk membagun aset, dan akhirnya menjadi pengusaha diusia muda. Sekalipun yang membaca ini, bukan lagi anak muda tapi yakinlah anda belum terlambat untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis.  

Tekad yang kuat, akan membuat kita selalu mencoba. Dalam setiap percobaan akan mengalami banyak kegagalan. Kemudian kegagalan itu akan menjadi guru terbaik untuk membimbing kita menuju keberhasilan. Percayalah kita semua dilahirkan untuk sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lulus ujian, tidak mau/dapat melanjutkan kuliah, minimal kalian harus punya ini..."

Post a comment

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.