Cara membuat es tebu yang menyegarkan dan menyehatkan

Cara membuat es tebu yang menyegarkan dan menyehatkan

Cara membuat es tebu yang menyegarkan dan menyehatkan -Selamat datang di sudutpandang.net, blog yang selalu update untuk memenuhi kebutuhan mobile anda dalam menari informasi yang penting, tentunya dengan bahasa yang mempunyai karakter tersendiri. Sebelum kita lanjut ketopik utama izinkan saya untuk mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran dan kunjungan anda keblog sederhana ini. Karena dengan hadirnya anda ditengah-tengah sudutpandang.net, blog ini akan semakin besar tentunya dengan kesetiaan kalian semua, terima kasih. 

Berhubung bulan ramadan masih panjang, tentunya saya sebagai admin masih akan menyajikan artikel yang berbau makanan dan minuman yang mungkin anda dapat nikmati atau hanya sekedar tahu manfaatnya. Kali ini es tebu segar akan menjadi topik utama malam ini. Mengapa saya membuat artikel mengenai es tebu segar ?, mungkin saya berfikir banyak orang yang belum pernah menikmati apa itu es tebu, dan sepertinya masih jarang juga yang menjualnya, terutama dipedaan seperti tempat tinggal saya sendiri. 

Tapi berdasarkan pengalaman saya dahulu, tebu menjadi santapan yang nikmat kala siang hari walau bukan dibuat es melainkan dimakan langsung dengan batangnya kwkwkw. Itu dulu sewaktu kecil, setiap hari keliling desa mencari tebu tetangga dan memintanya demi rasa manisnya yang alami. Cara menikmatinyapun sederhana, cukup tebang batang tebu kemudian potong sesuai batas/ros tebu, kira-kira tebu itu seperti bambu ada sekat-sekatnya yang memudahkan kita untuk memotongnya. 


Nah kira-kira kalau ingin memakan tebu secara langsung harus dipotong-potong terlebih dahulu seperti gambar diatas biar mudah mengunyahnya. Pernah si dulu waktu kecil, saya kunyah langsung dengan kulitnya sampai gigi saya copot satu karena memang kulit tebu itu sangat keras sekali. Nah untuk tebu yang enak dimakan secara langsung tanpa tambahan pemanis adalah tebu yang mempunyai kulit berwarna merah kehitaman seperti gambar diatas. Tapi masalahnya kalau ditempat saya tebu warna seperti itu sering dijadikan sajen setiap malam jum'at, ngeri juga kalau mau makannnya. Haha itu kan dulu sekarang sudah tidak ada lagi kepercayaan seperti itu di desa saya. 

Nah okey, berbicara mengenai tebu, tentu banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh tanaman yang satu ini. Mau tahu apa saja, manfaat yang kita peroleh setelah mengkonsumsi tebu, yuk mari kita tengok dibawah ini :



Manfaat tebu bagi kesehatan :
  1. Air tebu alami aman untuk penderita diabetes untuk menikmati rasa manis
  2. Meningkatkan energi yang dimiliki oleh tubuh
  3. Menambah ion tubuh sehingga anti dehidrasi
  4. Mencegah penyakit ginjal
  5. Mencegah keasaman pada lambung
  6. Merawat kulit agar tetap cantik
Nah itulah beberapa manfaat yang bisa kita pelajari jika mengkonsumsi tebu. Nah dari pada hanya membaca saja, mending kita praktek membuat es tebu segar, agar manfaatnya langsung kita dapatkan. kan tidak mungkin to anda mengkonsumsi tebu seperti saya, dimakan langsung dari batangnya untuk mendapatkan air. Sekarang kan sudah modern, jadi sudah ada mesinnya sendiri untuk mengolah tebu dan mendapatkan air tebu yang banyak tanpa harus rontok giginya hehe. 

Cara membuat es tebu yang menyegarkan, siapkan bahan dan alat-alatnya terlebih dahulu ya teman-teman. Kalau sudah yuk kita mulai membuatnya. 

Bahan :
  • 1 kg tebu segar
  • 125 sirup vanili
  • 500 ml air masak dan bersih tentunya
  • es batu secukupnya
Proses pembuatan :
  1. Ambil tebu, dan kupas kulitnya dengan pisau atau golok hingga bersih
  2. Untuk memastikan bersih, cuci dengan air bersih
  3. Setelah tebu bersih, ambil airnya dengan mesin penggiling kalau ada, kalau tidak bisa dengan cara manual seperti memukulnya dengan mutu maupun palu yang bersih (bungkus palu dengan plastik)
  4. Setelah air terkumpul, saringlah dengan saringan teh untuk mendapatkan sarinya
  5. Jika sudah, tambahkan air dan sirup kemudian aduk hingga rata
  6. Nah terakhir tambahkan es batu untuk memperoleh kesegaran lebih
  7. Selamat menikmati
Wah wah wah ternyata segar juga es tebu ini ya, nah menu ini cocok sekali untuk berbuka puasa. Coba dweh sekali-kali jangan hanya makan es buah ataupun es kelapa sepanjang berpuasa ya, cari menu lainnya seperti es tebu ini hehe. Semoga bermanfaat, dan menambah menu anda di bulan ramadan ini. Saya Saliman, mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan anda semua. Jangan lupa like fanspage kami atau join site untuk mengikuti kembali artikel terbaru sudutpandang.net, bye. 

Artikel menarik lainnya : 

"Cara membuat martabak telur yang enak dan lezat"








Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara membuat es tebu yang menyegarkan dan menyehatkan "

  1. wow artikel ini menurut saya sangatlah bagus.
    saya jadi terinspirasi setelah membacanya.
    jangan lupa juga ya kunjungi kami Di sini

    ReplyDelete

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.