Cara membuat tempe mendoan yang paling enak

 Cara membuat tempe mendoan yang paling enak

 Cara membuat tempe mendoan yang paling enak-Wah wah tema dibulan ini sepertinya memang khusus makanan, karena bagaimanapun juga dibulan puasa ini sungguh sangat asik bagi ibu-ibu yang hobi memasak untuk sahur dan berbuka. Tidak hanya ibu-ibu si bahkan banyak diantara bapak-bapak dan anak lelaki hobinya memasak, dan masakannya pun tidak kalah dengan perempuan, tapi tetap saja saya lebih suka perempuan hahaha. 

Eh iya, berbicara mengenai makanan yang pas untuk buka dan sahur, sudutpandang.net memiliki solusi yang tepat. Karena pada umumnya orang memilih hidangan yang hangat dan tentunya berupa gorengan, itu sudah tidak dapat lagi untuk dipungkiri ya. Bagi anda yang bingung mau masak apa dan tentunya dengan bahan baku yang murah tapi enak, apa ya hehe. 

Tentu jawabannya adalah mendoan, yes mendoan. Mendoan is  tempe yang digoreng dengan diselimuti terigu dengan irisan tipis-tipis tapi mempunyai rasa yang nendang abis. Gimana tidak habis, orang baru digoreng dan dihidangkan langsung habis saking larisnya ya hehe. Iya mendoan ini memang sangat enak disantap ketika kita sedang bersantai ditemani secangkir kopi,apalagi didampingi cabe rawit,wuuis makin mantab dah. 

Nah mendoan itu paling enak dibuat ketika tempe setengah jadi, karena masih sangat berasa banget dan tentunya tempe masih segar (tidak semangit). Kalau tempe sudah jadi rasanya juga kurang mantab jika disebut mendoan,lebih tepatnya tempe goreng gitu saja si hehe (sok tahu). Dan tentunya tempe yang paling enak dibuat mendoan itu tempe buntel/tempe bungkus daun jati dan pisang. Karena rasa daun pisang dan jati akan meresap kedalam tempe sehingga membuat aroma yang pas untuk mendoan dan mempunyai ciri khas mendoan, dibanding hanya sekedar tempe biasa. 

Okey dweh dari pada kita berlama-lama membahas yang tidak begitu penting, karena memang yang membacanya ingin mempraktekannya, maka yuk langsung saja menuju dapur kita untuk membuat mendoan. Ini dia.....

Bahan
  • Sediakan tempe bungkus/buntel 10 saja
  • Terigu kualitas terbaik 200 gram
  • Air putih masak secukupnya
  • Daun bawang 2 batang saja
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu yang telah dihaluskan 
  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Kemiri 5 butir
  • Ketumbar 1 sendok makan
  • Kencur secukupnya
  • Kunyit yang sudah dibakar secukupnya
Bumbu sambal
  • 10 cabe rawit
  • 5 sendok makan kecap mantab
Cara membuat
  1. Campurkan bumbu yang telah dihaluskan, bersama terigu dan daun bawang, aduk menjadi satu hingga menjadi sebuah adonan yang merata
  2. Masukan tempe kedalam adonan sampai terselimuti oleh tepung hingga rata
  3. Masukan tempe yang telah terlumuri adonan kedalam minyak yang sudah mendidih
  4. Angkat ketika sudah berwarna kekuning-kuningan
  5. Hidangkan bersama sambal kecap pedas
Nah begitu lah cara membuat mendoan, hemmm yummi pokoknya mantab dah. Karena mendoan juga bisa buat lauk pendamping nasi. Semoga makin lancar dalam menjalankan puasa ya teman-teman semua.

Artikel menarik lainnya :

"Cara membuat wedang uwuh yang mantab"






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara membuat tempe mendoan yang paling enak"

Post a comment

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.