Tata krama anak dalam kehidupan keluarga

Tata krama anak dalam kehidupan keluarga

Tata krama anak dalam kehidupan keluarga-Selamat datang di sudutpandang.net tentunya kembali lagi bersama admin tercinta yang penuh dengan tanda tanya hehe. Emm apa kabar sahabatku, lama ya tidak bertemu tapi saya kembali untuk mengisi ruang yang kosong disini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sesuatu yang sedikit formal dan mungkin memang harus dilaksanakan dan dipatuhi , karena ini merupakan sesuatu yang bermanfaat. Oleh sebab itu saya tidak akan berbicara panjang lebar untuk hal ini, yuk mari kita membahasnya saja.
Tata krama merupakan tingkah laku yang baik serta kepribadian yang kuat dalam tata hubungan sesama manusia sebagai anggota masyarakat untuk menciptakan suasana serasi, selaras dan seimbang. Tata krama juga mempunyai pengertian lain yang lebih mudah untuk dipahami,tak lain mempunyai arti sopan santun. Sopan santun itu sangat penting sekali diajarkan kepada anak-anak sejak dini, karena dengan anak mempunyai sopan santun dipastikan akan semakin mudah bergaul dengan masyarakat.
Benar dengan sopan santun dan tata krama yang dimiliki, anak-anak remaja akan semakin mempunyai rasa hormat kepada yang lebih tua terutama orang tua. Menguatkan nilai dan norma sosial yang ada, mempererat jiwa sosial kesesama manusia. Tata krama ini berlaku bagi anak dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Nah ini adalah beberapa contoh sopan santun yang harus diterapkan dalam keluarga sehari-hari.
1. Tidur
Kebiasaan semua orang tentu saja tidur dimalam hari dan bangun dipagi hari, karena itu merupakan sesuatu yang normal dalam siklus kehidupan. Tapi tidurpun ada aturannya yang baik dan tentunya bertingkah laku yang sopan. Sebelum kita tidur, pastilah diawali dengan mengantuk. Saat kita mengantuk, lebih baik kita memastikan radio, musik ataupun sesuatu yang berhubungan dengan listrik dalam kondisi mati, kecuali lampu yang tidak ingin tidur dengan gelap-gelapan. Selain itu cuci kaki, menggosok gigi dan mencuci muka sebelum tidur merupakan tindakan terpuji. Jangan lupa berdoa juga ya teman-teman, serta pastikan kondisi pintu dan jendela terkunci. Ketika menyambut pagi hari yang penuh semangat. pastinya tidak lupa untuk merapikan tempat tidur kembali, jangan meninggalkan begitu saja, itu tidak baik.
2. Mandi
Sehabis bangun tidur, alangkah baiknya kita terus mandi dan membersihkan seluruh anggota tubuh kita, karena tubuh ini adalah aset kita untuk mencari ilmu dan uang. Jangan lupa mandi menggunakan sabun yang sesuai, gunakan sabun mandi, dan tidak boleh lupa menggosok gigi. Mandipun ada aturan yang berlaku, misalnya dengan menutup pintu kamar mandi. Mengguyur air ketika mandi tidak boleh terlalu kedengaran, karena itu akan mengganggu orang lain.  Mungkin sehabis mandi lebih baik kita merapikan kembali tatanan kamar mandi dan memastikan kran air tertutup dengan rapih serta keluar kamar mandi dengan pakaian yang sopan. Setelah itu baru kita  membantu orang tua untuk mempersiapkan makanan, badan udah segar tinggal membantu orang tua kemudian lanjut dengan sarapan pagi bersama keluarga.
3. Makan
Ketika makan sebaiknya dilarang sambil berbicara, karena selain tidak sopan hal itu juga bisa mengakibatkan kita tersedak dan menuai rasa sakit tentuya. Owh ya, sebelum makan juga jangan lupa nie harus membaca doa terlebih dahulu untuk memetik berkah dari makanan yang kita makan, dan hikmah berdoa tentunya membuat makanan yang kita makan menjadi bermanfaat bagi tubuh serta rasanya menjadi enak. Selanjutnya masih mengenai makanan dan cara-cara makan dengan baik beserta sopan santunnya terhadap orang tua yang sepatutnya untuk dihormati. Mempersilahkan duduk terlebih dahulu kepada orang tua, itu merupakan hal yang mungkin masih jarang dilakukan oleh anak-anak, apalagi anak masa kini. Kemudian mengambilkan piring dan sendok kepada orang tua serta nasinya mungkin merupakan nilai plus bagi sopan santun anak. 
4. Bermain
Bermain merupakan kebiasaan anak-anak yang mungkin tidak dapat untuk dihilangkan atau sekedar untuk dilarang. Dengan bermain anak akan menjadi senang dan tentunya menambah wawasan bagi si anak untuk terus berkembang. Namun bermain yang baik tentuya tidak akan menimbulkan kerugian bagi orang lain atau bahkan menimbulkan amarah terhadap orang lain. Seperti apa si bermain yang baik itu. jadi bermain yang baik bagi anak-anak tentunya yang pertama harus memilih anak yang seumuran, karena dengan memilih teman yang sebaya akan membuat nyaman karena topik yang dibahas biasanya tidak terlalu beda jauh. Kemudian ketika ingin pergi bermain pastinya sudah izin terlebih dahulu kepada orang tua ya jangan pergi tanpa pamitan. Namun ketika ingin bermain dirumah bersama teman-teman ingat setelah main, rapihkan kembali agar tidak berantakan ya. 
5. Peduli
Dalam sebuah keluarga pasti lebih banyak yang mempunyai anak lebih dari satu bukan, oleh karena itu jaga hubungan kakak adik. Dengan terjalin hubungan yang baik, pasti sebuah keluarga akan semakin harmonis dan tidak akan menimbulkan kegaduhan antar anak. Bila melihat sang adik sedang kesusahn mengerjakan PR, mungkin bagi sang kakak dapat membantunya ataupun sebaliknya ketika sang adik melihat sang kakak sedang membantu ibu melipat pakaian adik segera membantunya. Sehingga dengan begitu akan tercipta hubungan keluarga yang semakin damai. 
6. Perintah
Intinya si sebagai seorang anak tidak boleh melawan orang tua, meski pengetahuan/pendapat yang ada sampaikan itu memang benar dan akhirnya disangkal oleh orang tua, baiknya kita tetap diam dan menunduk sehingga tidak pernah menyakiti hatinya. Menuruti segala larangannya dan mematuhi segala perintahnya agar kita semua menjadi manusia yang berbudi luhur. Tidak akan pernah emak harimau memakan anaknya sendiri, orang tua pasti akan memberika yang terbaik untuk anaknya. 
7. Do'a
Setiap anak yang sholeh dan berbakti kepada orang tuanya pasti dia akan selalu mendoakan orang tuanya. Mendoakan orang tua agar selalu sehat, selalu tersenyum dan tertawa bahagia. Semoga orang tua kita dapat melihat anak cucu kita kelak, itu harpan semua orang untuk menjadi bahagia dan membahagiakan orang tua. 
Nah kita sebagai seorang anak, tentunya ingin membahaiakan orang tua kita kan, mari mulai sekarang kita selalu membuatnya tersenyum dan merasa bangga akan tingkah laku kita yang positif. jangan sakiti mereka, karena tanpanya kau tidak akan menjadi apa-apa. 








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tata krama anak dalam kehidupan keluarga"

Post a comment

- Mohon komentar sesuai isi artikel teman :-)

- Terima kasih atas kunjungannya :-)

- jika ada yang ingin ditanyakan atau saran bisa mengirimnya ke contact form.